Sukses

5 Tips Mudah Kendarai Motor Berpostur Jangkung

Professional enduro, Megs Braap, memberikan tips dan trik naik sepeda motor bagi tinggi badan yang kurang ideal.

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai sepeda motor seperti jenis trail atau enduro memang sangat menyenangkan, terlebih jika dilakukan secara santai ke tempat-tempat yang jarang kita jumpai.

Namun mengendarai sepeda motor jenis ini dianggap gampang-gampang sulit, terlebih bagi mereka yang posturnya kurang tinggi.

Pasalnnya, jenis sepeda motor trail atau enduro memiliki ground clearance dan jarak antara jok dengan tanah cukup tinggi. Bahkan motor dengan kapasitas mesin lebih besar, membuat bobotnya jadi lebih berat.

Dilansir Visordown, pembalap professional enduro Megs Braap memberikan tips dan trik mudah menunggangi sepeda motor berpostur jangkung bagi si pemilik tinggi badan kurang ideal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

1. Menjaga keseimbangan

Ini jadi yang paling utama, karena itu ada baiknya terus berlatih dengan terlebih dahulu memacunya dengan kecepatan rendah. Kemudian menjaga keseimbangan statis dan coba lakukan tekik berputar di sekitar pohon.

2. Selalu mengawasi tempat untuk mancari pijakan kaki

Tak ada yang tahu secara pasti medan akan dilewati. Akan tetapi, ada baiknya selalu berhati-hati ketika hendak berhenti.  Bukan tak mungkin, tanah yang terlihat keras ternyata lembek sehingga Anda bisa terjerembab.

3. Gunakan kaki untuk menyangga motor

Saat Anda bermanuver, disarankan kaki selalu awas untuk menyanggah sepeda motor. Terlebih ketika motor akan terjatuh atau berhenti.

Pada dasarnya, bagian kaki akan lebih kuat menahan beban dibandingkan tangan atau tubuh Anda.

4. Gunakan teknik kaki menggantung saat berhenti

Teknik kaki menggantung dianggap lebih ideal, karena motor akan tetap berdiri tegak meski tubuh terlihat miring.

Selain itu, kaki juga akan menapak sepenuhnya di tanah.

5. Percaya diri

Percaya diri sangat dibutuhkan agar Anda yakin bahwa Anda bisa melakukannya. Bahkan Megs mengatakan, "Jangan biarkan ukuran tubuh Anda, atau sepeda motor menghalangi Anda menjadi pengendara yang lebih baik".

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.