Sukses

5 Tips Jitu Mengoptimalkan Kapasitas Bagasi Mobil Anda

Barang yang cukup banyak inilah yang perlu diperhatikan, agar semuanya bisa muat di bagasi mobil

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya saat berlibur, membawa barang banyak di bagasi mobil juga bisa terjadi dalam berkegiatan sehari-hari. Barang yang cukup banyak inilah yang perlu diperhatikan, agar semuanya bisa muat di bagasi mobil tapi performa mobil dan keselamatan penumpang tidak terabaikan.

Berikut tips pintar mengatur barang bawaan di bagasi mobil yang dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia:

1) Terapkan prinsip Center of Gravity

Dalam prinsip center of gravity, semakin rendah posisi beban maka pengendalian mobil makin bagus. Begitu juga semakin tinggi posisi beban, maka tingkat kestabilan pengendalian menjadi kurang bagus seperti berisiko terjadi body roll atau mobil seperti akan tergelincir ke arah luar ketika menikung.

Jadi, letakkan barang yang lebih berat terlebih dulu, tempatkan di tempat paling bawah (lantai bagasi). Kemudian, disusul dengan barang-barang dengan bobot yang lebih ringan. Pertimbangkan juga risiko kerusakannya, contohnya laptop yang walaupun terbilang cukup berat tapi kalau ditempatkan di bawah dan ditumpuk barang lain akan mudah rusak.

2) Seimbang kanan dan kiri

Usahakan menempatkan barang di bagasi dengan bobot yang rata, seimbang antara kanan dan kiri. Jika beban tidak seimbang, seperti lebih berat ke kanan, maka mobil akan condong ke kanan ketika berjalan. Ini sudah pasti sangat berbahaya, khusunya saat melewati jalan bergelombang karena handling menjadi kurang stabil.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3) Pastikan pengaturan interlock (barang saling mengunci)

Saat menempatkan barang, pastikan sudah saling mengunci antar barang dengan posisi rapat ke body mobil kanan dan kiri. Usahakan tidak ada lagi ruang kosong yang bisa menyebabkan barang bergeser. Pastikan sisi kanan sampai kiri barang rapat.

Untuk barang yang berbentuk tinggi, letakkan dengan cara tidur karena jika ditempatkan dengan posisi berdiri kemungkinan bergeser dan bergoyang menjadi lebih besar. Namun, jika ditempatkan dengan cara tidur berbahaya, bisa menyebabkan kerusakan barang, bisa diletakkan dengan cara berdiri tapi ingat untuk memastikan barang tersebut sudah saling mengunci.

4) Perhitungkan daya muat mobil

Ketika membawa barang, Anda juga harus mempertimbangkan berapa bobot barang yang kita bawa, hitung dengan berat penumpang, kemudian jumlahkan antara berat barang dan juga berat penumpang.

Jangan sampai melebihi beban maksimum mobil. Biasanya untuk mobil MPV (tujuh penumpang) beban maksimumnya 540 Kg. Jika dimuati tujuh orang yang masing-masing bobotnya 70 Kg, maka maksimum untuk barang adalah 50 Kg, jangan lebih dari itu.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5) Pakai bracket

Setelah memenuhi empat prinsip di atas, terakhir adalah pakai bracket atau jaring. hal tersebut agar barang tidak mudah bergeser posisinya. Jaring ini biasanya terbuat dari tali atau karet dan tali, serta pada sebagian mobil yang dijual di pasaran saat ini sudah ada jaring bawaan. Jika belum ada, bracket ini bisa dengan mudah beli di pasaran dengan harga yang bervariasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.