Sukses

3 Cara Mencegah AC Mobil Bergetar

Berbagai masalah bisa saja terjadi pada bagian penyejuk udara atau Air Conditioner (AC) mobil

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai masalah bisa saja terjadi pada bagian penyejuk udara atau Air Conditioner (AC) mobil. Salah satunya masalah AC bergetar.

Menurut situs resmi bengkel AC mobil Rotary Bintaro, ada banyak penyebab dari AC mobil bergetar, salah satunya jarang diservice hingga menjadi rusak.

Parahnya, jika AC mobil getar, maka hal itu tak hanya mengganggu kenyaman, bahkan dapat membahayakan, karena beberapa kasus yang kerap terjadi, udara yang dikeluarkan bukan sebagai penyejuk, melainkan mengeluarkan zat beracun.

Hal ini pula berimbas terjangkitnya penyakit, dan tak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kematian.

Karena itu, Rotary Bintaro memberikan beberapa tips agar AC mobil tidak bergetar, yakni:

1. Membersihkan bagian dalam dan luar mobil

Menjaga kebersihan pada AC mobil sangatlah pennting baik eksterior maupun interior. Sama seperti tubuh manusia, jika tidak menjaga kebersihan maka sudah pasti tubuh mudah terserang penyakit.

Begitu juga yang terjadi pada AC mobil yang harus dibersihkan baik interior maupun eksteroir.

Untuk mebersihkan bagian dalam mobil maka harus membuka Evaporator. Evaporator adalah komponen pada AC mobil yang mempunyai peran untuk menyaring udara yang masuk ke dalam AC mobil.

Evaporator haruslah dilepas agar dapat melihat dan menarik komponen lainnya yang terdapat di dalam AC mobil. Setelah dilepaskan evaporator selanjutnya dibersihkan termasuk beberapa bagian komponen AC mobil lainnya.

Pada bagian luar perhatian pinggiran evaporator AC mobil adakah debu dan benda kecil lainnya yang mengganggu. Jika terdapat benda mengganggu tersebut silahkan di bersihkan agar tidak mengganggu kinerja AC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Menguatkan Mur

Menguatkan mur yang terdapat di dalam AC mobil perlu dilakukan. Bukan itu saja, memeriksa mur harus dilakukan sampai komponen AC mobil lainnya seperti pada bagian Freon, Compressor, Evaporator dan lainnya.

Hal tersebut bertujuan agar AC mobil tidak bergetar atau akan terlepas saat mobil mengalami guncangan yang lumayan kuat.

Perlu diketahui tidak diperbolehkan memaksa mur masuk terlalu dalam karena hal tersebut malah akan merusak mur dan lubang mur. Hasilnya adalah mur yang terkunci dan tidak bisa di buka. Jadi berhati hatilah agar tidak merusaknya.

Jika kalian takut untuk melakukannya maka silahkan pergi ke bengkel spesialis ac mobil untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Merawat AC mobil

Merawat AC mobil bisa seperti mengurangi benturan, walaupun benturan hanya mengenai Evaporator. Efeknya bukan dibagian evaporator saja tetapi masuk ke bagian dalam evaporator hingga mengakibatkan kerusakan yang fatal.

Awalnya mungkin hanya komponen yang bergeser seperti mur dan kabel. Tetapi lama kelamaan tak hanya AC, tapi bagian lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.