Sukses

Anies Baswedan Kenang Vespa Sprint 1968 Milik Sang Ayah

Dalam akun instagram resminya @aniesbaswedan, dirinya mengenang Vespa Sprint 1968 berkelir silver yang merupakan kendaraan keluarganya sejak dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sering kali berkegiatan menggunakan sepeda motor. Tidak terkecuali saat melakukan blusukan, dan berbagai roda dua sudah dicoba mantan Menteri pendidikan dan Kebudayaan RI ini, seperti Yamaha NMax, BMW K1600 B, dan juga Kawasaki Versys.

Sepeda motor sepertinya memang menjadi kendaraan yang cukup spesial bagi Anies Baswedan. Bahkan, di akun instagram resminya @aniesbaswedan, dirinya mengenang Vespa Sprint 1968 berkelir silver yang merupakan kendaraan keluarganya sejak dahulu.

"Vespa ini dibeli bekas oleh ayah sekitar tahun 1974. Sebelum punya Vespa, ayah kalau ke kampus utk mengajar di Yogya selalu naik “sepeda onthel“. Vespa ini jadi kendaraan bermotor pertama keluarga kami. Dan kemudian ayah sehari-hari menggunakannya, termasuk saat bekerja sebagai Dekan," tulis Anies sebagai caption fotonya, dilihat Rabu (26/9/2018).

lanjutnya bercerita, ketika duduk di bangku SMA, vespa ini dilungsurkan ke dirinya. Kemudian, Vespa ini pula yang mendampingi selama aktif di dunia pegerakan mahasiswa.

"Alhamdulillah, hingga kini masih digunakan dan dirawat dengan rutin, dengan mesin yang masih relatif halus dan kendali yang stabil," tegasnya.

Skuter ikonik asal Italia ini sepertinya memang begitu spesial bagi Anies Baswedan. Pasalnya, motor ini memiliki banyak cerita, terlebih tentang sang ayah. Salah satu yang paling berkesan, adalah saat ia masih kecil dan kerap diajak naik motor tersebut dengan ayah dan ibunya.

"Ada yang unik. Jika melewati Jalan Kaliurang di sore hari, biasanya menjelang maghrib, yang waktu masih sepi dan minim pencahayaan, Ayah selalu ingatkan untuk tutup mata karena banyak serangga samber mata, kelilipan samber mata itu memang pedih di mata :)," pungkasnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turun Generasi

Kebiasaan naik Vespa dari sang ayah, kini juga menurun kepada dirinya. Bahkan, di sela waktu luangnya sebagai orang nomor satu di Ibu Kota, ia tetap sempat untuk mengajak anaknya, Ismail berjalan-jalan atau sekadar mengantar sekolah menggunakan Vespa peninggalan sang ayah.

"Vespa usia 50 tahun ini, bukan sekadar kendaraan tua dan antik. Ia bagian dari perjalanan sejarah keluarga. Usianya memang panjang, tapi manfaatnya terus hingga kini. Apakah teman-teman punya kendaraan warisan orang tua yang terus dirawat dan digunakan hingga sekarang?," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.