Sukses

Mobil Playboy Langka Cikal Bakal Majalah Dewasa, Tak Lebih dari 100 Unit

Playboy A48 ini memulai debutnya di Buffalo, NY, dengan desain bermesin belakang sebelum tata letaknya dipindahkan ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang playboy atau pria yang gemar bersenang-senang, mobil apa yang cocok untuk dimiliki? Apakah sebuah roadster Italia, limosin Inggris, atau mobil langka yang namanya sama seperti kepribadian Anda?

Ya, mobil tersebut adalah Playboy A48 yang diproduksi 1948. Mobil langka asal Amerika Serikat ini dibangun oleh dealer Packard, pemilik stasiun layanan dan insinyur Pontiac. Mobil ini, kabarnya tidak dibuat banyak, dan hanya berjumlah kurang dari 100 unit.

Playboy A48 memulai debutnya di Buffalo, New York, dengan desain bermesin belakang sebelum tata letaknya dipindahkan ke depan. Demikian dilansir Carscoops, Senin (24/9/2018).

Mesinnya berkapasitas total 2 liter dari empat silindernya. Tenaga yang sanggup dilontarkan hanya sebesar 40 Tk. Dari dapu pacu, tenaga dipindahkan melalui transmisi 3 percepatan yang dilakukan secara manual. Kecepatan puncaknya mentok di angka 125 km/jam.

Namun, Playboy tidak bertahan lama, karena perusahaan menyatakan bangkrut pada 1950-an, dan mobil yang tersisa dijual oleh distributor Alvin Trumbul.

Menurut cerita, Hugh Hufner (pendiri majalah Playboy) jatuh cinta dengan mobil ini sebagai salah satu kenangannya di masa kecil. kemudian, ia meminjam nama untuk membangun kerajaan hiburan laki-laki yang diberi nama Playboy.

Playboy A48 yang hendak dilelang ini, merupakan model terakhir. Mobil tersebut saat ini dimiliki oleh seorang pemilik di Florida sejak 1960-an. Belum lama ini, mobil juga dilakukan perbaikan seperti warna two tone, dan siap dilelang di RM Sotheby's.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berumur 83 Tahun, Harga Mobil Klasik Ini Tembus Rp 323 Miliar

Mobil klasik Duesenberg ini usianya mencapai 83 tahun. Meskipun demikian, Duesenberg ini dilego USD 22 juta atau Rp 323,7 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 14.714).

Seperti diberitakan Zing, Duesenberg adalah salah satu mobil kenamaan dalam sejarah mobil Amerika. Duesenberg Motors mulai beroperasi sejak 1920-an. Hingga kini mereka masih memiliki nilai yang menakjubkan dan memimpin model-model mobil koleksi di pasar Amerika Serikat.

Dari jajaran mobil-mobil Duesenberg, Duesenberg SSJ adalah model dengan nilai tertinggi. Gooding and Company mengatakan, Duesenberg SSJ akan dilelang USD 22 juta, atau dua kali lipat mobil antik Shelby Cobra yang mencetak rekor USD 13,750 juta atau Rp 202 miliaran pada 2016.

Namun harga Duesenberg SSJ belum ada apa-apanya dibandingkan dengan Ferrari 250 GTO yang dilelang seharga USD 48 juta. Tapi harga USD 22 Juta adalah harga tertinggi untuk mobil buatan Amerika Serikat.

Sementara Duesenberg Model J diproduksi sebanyak 481 unit, SSJ hanya pernah dikirim 2 unit saja. Mobil klasik ini dibekali dengan mesin 8-silinder supercharger 6,9 liter, setara dengan sportscar yang mencapai tenaga 400 Tk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.