Sukses

Mengenal Sosok SOIB Racer 400, Moge yang Terjangkau

Pemain di segmen ini adalah Benelli Motobi-series, Viar Vintech-series, dan Royal Enfield, Kawasaki Z900RS, serta Triumph di kelas motor gede (moge).

Liputan6.com, Jakarta - Segmen motor modern classic di Indonesia bisa dibilang cukup berkembang dan menjanjikan. Produk yang ramai peminat adalah Kawasaki W-series. Selain itu, pemain di segmen ini adalah Benelli Motobi-series, Viar Vintech-series, dan Royal Enfield, Kawasaki Z900RS, serta Triumph di kelas motor gede (moge).

Ternyata, ada 1 moge lagi yang bisa dibilang masih jarang diketahui masyarakat, yaitu SOIB Racer 400. Motor ini adalah produk dari SOIB Motorcycle yang sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2015 lalu. Namun, namanya memang tak setenar pabrikan Eropa lainnya, atau bahkan Jepang.

Padahal, secara desain, SOIB Racer 400 hadir dengan tampilan yang kental dengan nuansa retro elegan khas motor era 1970-an. Aura tersebut sukses dimunculkan oleh tangki, lampu-lampu, sepatbor, dan speedometer yang membulat.

Beralih ke sektor kaki-kaki, SOIB Racer 400 mengandalkan suspensi depan teleskopik dan berpadu dengan pelek jari-jari (spoke wheel) dan ban berukuran 90/90-19. Sementara itu, sektor belakang ditopang suspensi dual-shock dan ban 110/80-18 atau tersedia juga pilihan 130/80-18. Sayangnya, roda belakang hanya dikawal oleh rem tromol (drum brake).

Seperti namanya, SOIB Racer 400 dibekali mesin 400cc, tepatnya 397,2 cc, bertenaga 26 Tk dengan torsi 30 Nm. Menariknya, meski hanya terdiri dari 1-silinder, dapur pacu ini memiliki 2 lubang header knalpot atau sering disebut dual-port. Sayangnya, motor tersebut masih mengandalkan sistem pengabutan karburator.

Saat ini, SOIB Racer 400 hanya dipatok sekitar Rp80-90 juta. Harga tersebut terbilang murah untuk sebuah moge 400cc. Sebagai perbandingan, dengan rentang tersebut, ada Kawasaki Ninja 300 yang dibanderol Rp87 jutaan.

Sumber: Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honda Siapkan Moge Retro, Ini Bocorannya

Tidak cuma Suzuki yang sedang mempersiapkan moge baru, ternyata Honda juga tengah melakukan hal yang sama. Menariknya, model yang disiapkan Honda bergenre retro.

Hal itu terlihat dari banner yang didapat oleh media Jepang, Young Machine, dari Honda. Pada foto tersebut, terdapat tulisan Neo Sport Cafe yang merujuk pada genre motor mereka.

 

 

 

Diprediksi, motor baru ini akan mengisi ceruk yang kosong pada line-up Honda CB-R series. Saat ini, ada 5 model yang menjadi keluarga Neo Sport Cafe, yaitu CB10005, CB350R, CB250R, CB150R, dan CB125R.

Jika memang produk baru ini akan menjadi anggota keluarga baru Honda CB-R series, kemungkinan, motor tersebut adalah Honda CB650R. Pasalnya, pabrikan berlogo sayap itu pernah menampilkan purwarupanya 3 tahun lalu di EICMA 2015.

Prototype ini menggunakan Honda CB650F sebagai basisnya. Ubahan yang dilakukan pun merujuk pada genre Neo Sport Cafe dengan penggunaan lampu bulat dan beberapa komponen bernuansa retro.

 

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa motor yang rencananya dirilis 3 Oktober 2018 itu ialah Honda CB4 Interceptor. Sebelumnya, prototype motor ini sudah diperkenalkan dalam EICMA 2017.

Menariknya, Honda CB4 Interceptor memiliki tampilan layaknya motor cafe racer murni. Terlihat dari penggunaan half-fairing, jok buntut tawon, dan setang clip-on rendah.

Hanya saja, motor tersebut berbasis Honda CB1000R yang memiliki mesin lebih besar.

Sumber: otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.