Sukses

Mau Tukar Tambah Mobil, Begini Cara Negosiasinya

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data Auto2000, 30% pembelian mobil baru berasal dari tukar tambah. Jika Anda berminat membeli dengan sistem tukar tambah, harga tukar tambah yang ditawarkan dealer umumnya bisa dinegosiasikan. Prinsipnya mirip seperti kala Anda menawar harga mobil.

Nah, saat Anda membeli mobil baru dengan cara tukar tambah ke dealer resmi, pasti butuh proses. Sebab, dealer harus memastikan kondisi mobil, dalam keadaan baik. Sesudah kalkulasi, barulah dealer menentukan harga jual. Ada proses negosiasi di sini.

Ambil contoh Auto2000. Biasanya mereka melakukan inspeksi pada 170 titik mobil. Mereka siap menerima kendaraan yang secara umum layak pakai dan jalan. Kemudian dari sisi eksterior dan interior, juga tak mengalami kerusakan parah. Tentunya kendaraan harus punya value, sesuai harga dan penawaran. Barulah Auto2000 memberikan grade, sesuai parameter perusahaan.

Di sini posisi Anda masuk dalam kategori negosiasi. Anda bakal diberikan waktu untuk memikirkan harga yang ditawarkan. Proses negosiasi terus berlanjut, jika harga yang ditawarkan kurang cocok. Ini semua bergantung pada kondisi mobil yang Anda jual. Artinya, antara barang dan harga harus realistis.

Memang, baiknya sebelum kendaraan dijual, pastikan dalam kondisi mulus. Agar tak mengurangi nilai jual. Ini meminimalisir proses nego yang alot dan menghemat waktu. Untuk diketahui, harga mobil bekas di pasaran sangat dipengaruhi dengan diskon mobil baru. Waktu penjualan juga amat berpengaruh.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menjelang musim lebaran dan musim libur biasanya nilai kendaraan bisa tinggi. Hal itu menjadi pertimbangan dealer, agar mereka mendapatkan margin yang sesuai. Kemudian nilai pasar sebuah mobil umumnya tergantung pada jarak tempuh dan kondisi. Biasanya nilai semakin turun seiring waktu. Bisa berkurang 60% dari harga awal, setelah lima tahun.

Jadi, misal harga yang Anda minta tak masuk akal (di atas pasaran) menjadi penentu proses tukar-tambah, berlangsung cepat atau tidak. Mengasah keterampilan bernegosiasi juga tak boleh dikesampingkan. Kuncinya, sabar dan tak buru-buru. Negosiasi ini dapat membawa perbedaan harga yang cukup signifikan. Berlaku saat Anda menjual mobil ke dealer maupun kepada pembeli potensial, secara langsung.

Pilihan menjual ke dealer bisa menjadi langkah cepat. Tukar tambah pada dasarnya adalah menjual mobil lama Anda dan membeli mobil baru dari dealer mobil yang sama. Ini merupakan pilihan yang menawarkan paling sedikit keribetan. Pilihan ini dianggap paling aman, karena segala masalah pascapenjualan berpindah ke pihak dealer.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.