Sukses

Daftar 5 Mobil Beruntung yang Terlahir Kembali di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Industri otomotif khususnya mobil memiliki sejarah yang panjang di dunia. Beragam merek dan model beredar, sehingga sulit untuk menghafalkannya satu demi satu.

Semua model yang diproduksi biasanya mendapatkan pembaruan dari masa ke masa. Selain menyesuaikan dengan selera pasar, pembaruan tersebut terkait dengan berkembangnya teknologi dan regulasi.

Nah, tidak semua mobil berhasil mempertahankan garis keturunannya karena harus disuntik mati atau diskontinu dengan beragam alasan.

Namun seiring perkembangan teknologi, beberapa mobil yang pernah diskontinu mendapatkan kesempatan kedua atau terlahir kembali. Mobil apa saja yang berkesempatan untuk lahir kembali di dunia? Berikut ulasannya.

Toyota 86

Toyota 86 merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Mobil ini disebut-sebut sebagai penerus semangat Toyota Sprinter Trueno AE86 atau biasa disebut AE86. 

Toyota Sprinter Trueno AE86 sendiri semakin tenar karena digunakan oleh Raja Drift Keiichi Tsuchiya dan juga menjadi mobil protagonis di film Initial D yang bertemakan balapan drift di pegunungan.

Mobil konsepnya pertama kali diperlihatkan pada Tokyo Motor Show 2009, dan di Indonesia dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2011. PT Toyota Astra Motor saat ini menjual Toyota 86 dengan banderol Rp 716,5 - 761,4 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jaguar E-Type Zero

Jaguar E-Type merupakan mobil sport Inggris yang diproduksi oleh Jaguar Cars Ltd pada 1961-1975. Dengan kombinasi kecantikan desain, performa tinggi, dan harga bersaing membuatnya menjadi salah satu mobil ikonik di dunia otomotif. 

Kini E-Type terlahir kembali sebagai mobil listrik. Mobil ini bukanlah mobil baru, melainkan modifikasi sekaligus restorasi E-Type klasik. Proses pengerjaan berlangsung di Land Rover Classic Works, Coventry.

Performanya meningkat drastis, electric powertrain miliknya sanggup menghasilkan tenaga 220 kW (295 Tk). Baterai lithium-ion miliknya memiliki dimensi dan bobot yang sama dengan mesin XK 6-silinder bawaan aslinya.

Penempatan baterai, mesin elektrik, serta gear dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Sehingga tidak mengubah banyak distribusi bobot, bahkan versi elektrik lebih ringan 46 kg.

Dengan modifikasi elektrik yang dilakukan, maka Jaguar E-type Zero menjadi mobil listrik tercantik yang pernah dibuat. Istilah tersebut merujuk kepada ungkapan Enzo Ferrari mengatakan E-type original sebagai ‘The most beautiful car ever made’.

3 dari 5 halaman

Toyota Supra

Toyota Supra A90, telah memulai debutnya di ajang Goodwood Festival of Speed 2018 di Inggris, beberapa waktu lalu. 

Dilansir dari Carscoops, mobil sport yang menggunakan mesin 3.0L turbocharger inline 6-silinder ini rencananya akan dipasarkan di Jepang, Eropa, Amerika Serikat, dan beberapa pasar lagi. 

Toyota Supra A90 merupakan penerus dari Toyota Supra yang diproduksi mulai tahun 1978 dan diskontinu pada 2002 silam.

4 dari 5 halaman

Peugeot e-Legend Concept

Pada akhir 1960-an, Peugeot bekerja sama dengan Pininfarina untuk merancang Peugeot 504 coupe. 504 pertama kali diperkenalkan pada 1968 dan produksi terakhirnya di tahun 1983. 

Kali ini Peugeot akan memperlihatkan e-Legend yang terinspirasi dari 504. e-Legend dijadwalkan untuk memulai penampilan perdananya di Paris Motor Show bulan depan.

Dilansir Motor1, e-Legend merupakan mobil listrik sepenuhnya dan dilengkapi sistem nirsopir canggih. Headlights ganda mempertahakan ciri khas desain 504. Penyematan grille hanya mempercantik tampilan, karena e-Legend tidak menggunakan mesin konvensional.

Peugeot menyematkan baterai berkapasitas 100-kWh yang sanggup memberikan jarak tempuh 600 km berdasarkan siklus WLTP. Jika sedang terburu-buru, dengan waktu pengisian 25 menit Anda dapat menempuh 500 km.

Motor eletriknya sanggup menghasilkan tenaga 456 Tk dengan torsi puncak 800 Nm. Akselerasi 0-100 kpj membutuhkan waktu kurang dari 4 detik, kecepatan puncak mencapai 220 kpj.

5 dari 5 halaman

Ford Bronco

Ford Bronco generasi terbaru bakal dibangun berbasis Ford Ranger dan Ford Everest. Meski mewarisi platform yang sama dengan Everest, Ford Bronco nantinya akan memiliki desain yang terinspirasi dari versi orisinil yang lahir pada 1965 dan versi pamungkasnya pada 1996.

Ford Bronco generasi terbaru diharapkan melakoni debut di pasar Amerika Serikat (AS) pada 2020. Peluncurannya setelah generasi terbaru Ford Ranger pada 2019. Kedua model ini dikembangkan di Australia dan akan diproduksi di Michigan, AS.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.