Perkenalkan, Ini Satu-Satunya Pembalap Cewek di Balapan Honda CBR

Oleh Arief Aszhari pada 20 Sep 2018, 07:05 WIB
Pembalap Wanita Satu-Satunya di Balapan Honda CBR (Arief Aszhari/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap sepeda motor saat ini tidak hanya didominasi kaum laki-laki saja. Terbukti, dalam gelaran Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018, di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, beberapa waktu lalu juga diikuti pembalap wanita, Dila Syarifah Alawiyah dari tim balap 96 Motorsport.

Dunia balap memang bukan hal baru bagi dara cantik berumur 20 tahun ini. Sebelum mengikuti event balapan motor sport ini, ia pernah mengikuti seleksi di event balap Asian Talent Cup.

"Kenal dunia balap sudah dari SMA, dan ketika sudah lulus langsung ingin balap. Pertama kali balapan pakai motor matic, di Asian Talent Cup itu," jelas Dila saat ditemui Liputan6.com di Sirkuit Sentul, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, untuk menggunakan motor sport di ajang balap memang baru pertama kali di Honda CBR Day ini. Istimewanya lagi, memang tidak ada kelas khusus untuk wanita, dan ia harus bersaing dengan kaum adam di ajang balap dari pabrikan berlambang sayap mengepak ini.

"Sekarang ikut kelas komunitas B beginner 250cc dahulu, nanti di seri 3 bakal ikut dua kelas, kamunitas A dan B," tegasnya.

2 of 2

Selanjutnya

Meskipun menjadi wanita satu-satunya, bukan berarti prestasi Dila tidak bisa sebagus para pesaingnya yang semua laki-laki. Bahkan, di sesi latihan berhasil menempati posisi ke-9 dari 18 peserta.

"Bertanding dengan pembalap laki-laki semua pasti deg-degan ya. Apalagi kan memang tidak ada kelas khusus wanita, dan satu-satunya pembalap wanita di event ini, karena biasanya ada kelas untuk pembalap wanita," jelasnya.

Sementara itu, Dila berharap ke depannya event ini membuka kelas untuk wanita. Tidak harus menggunakan motor berkapasitas 250cc, bisa juga dengan motor berkapasitas 150cc terlebih dahulu.

"Pasti seru kalau ada kelas wanita, pakai motor sport 150cc dan 10 pembalap juga asik kok," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓