Sama-Sama 7-Seater, Pilih SUV atau MPV?

Oleh Liputan6.com pada 17 Sep 2018, 09:04 WIB
Diperbarui 17 Sep 2018, 09:04 WIB
Nissan Terra

Liputan6.com, Jakarta - Mobil MPV identik dengan mobil keluarga berkat kemampuannya mengangkut 7 penumpang. Selain itu, terdapat beberapa model SUV yang dilengkapi dengan bangku penumpang hingga baris ketiga. Jadi pilih yang mana?

Jika dilihat dari kapasitas penumpang, memang sama. Tapi tetap ada perbedaan mendasar dari dua jenis kendaraan ini.

Melansir situs resmi Hyundai, SUV adalah paduan antara sedan dan jip. Bodinya yang besar serta ground clearance yang tinggi, model ini memang ditujukan untuk menembus berbagai kondisi jalan. Baik jalan raya dengan kontur jalan halus atau jalan tanah dengan kontur bergelombang bahkan rusak.

Karena ukurannya yang besar, bukan berarti perempuan tak cocok mengendarai SUV. Sebab saat ini pun SUV kompak yang berukuran tak sebesar SUV lawas sudah menjamur.

Meski berukuran lebih kecil, SUV kompak tetap menawarkan jarak pandang lebar, dan dibekali berbagai fitur canggih. Bahkan beberapa SUV zaman now, sudah disematkan sensor parkir di bagian depan hingga belakang, serta kamera parkir 360.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Ukuran ground clearance yang tinggi pun tak akan membuat cemas pengemudinya saat melintas di jalanan yang terdapat genangan air atau jalan yang bergelombang. Apalagi, umumnya SUV menggunakan roda berdiameter 15 inci dengan ketebalan ban mirip jip sehingga mampu meredam guncangan jalan yang tak rata.

Di samping itu, beberapa SUV memiliki pilihan penggerak empat roda yang membuatnya punya daya jelajah lebih tinggi. Karena tersalurnya tenaga mesin ke keempat roda sekaligus akan menghasilkan traksi lebih baik.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓