Mirip Honda HR-V, Padahal Honda XR-V Jelas Berbeda

Oleh Liputan6.com pada 17 Sep 2018, 06:10 WIB
Honda XR-V

Liputan6.com, Jakarta Sepintas sama, tapi kalau diamati ternyata ada yang berbeda di antara dua model Honda ini. Jika Indonesia memiliki crossover Honda HR-V maka di Cina terdapat model bernama XR-V. Mirip tapi tak sama, apa bedanya?

Perbedaan paling menonjol tentu saja bisa dilihat dari sisi fascia. Karakter dasar HR-V masih punya kemiripan cukup banyak dengan Vezel. Tapi, XR-V justru berbeda jauh.

Bentuk grill Honda XR-V tak melebar layaknya HR-V dan lebih cenderung sporty. Sedangkan foglamps dibikin terpisah dan terintegrasi dengan bumper depan. Dari sisi ini, nampak XR-V terlihat lebih atletis.

Berlanjut ke sisi belakang, Honda XR-V juga sedikit berbeda, kesannya lebih ramping. Hal itu ditengarai akibat desain taillight yang saling terintegerasi kiri dan kanan, serta bumper yang sudah didesain ulang.

Meski demikian, menurut keterangan Paultan, XR-V justru berada di bawah segmen HR-V.

Honda XR-V pertama kali muncul ke publik pada tahun 2014 silam dan sempat banyak menjadi bahan diskusi karena konsepnya yang tangguh. Mobil ini akhirnya resmi diluncurkan pada tahun 2015, tepatnya di acara Shanghai Auto Show.

Honda XR-V sendiri diproduksi oleh Dongfeng-Honda di Cina dan tersedia dalam dua varian mesin, yakni 1.5 liter dan 1.8 liter yang sama dengan pilihan HR-V Indonesia.

Sumber: Otosia.com

2 of 3

Honda HR-V 1.5L Special Edition Sasar Konsumen Baru

Segmen sport utility vehicle (SUV) masih menjadi salah satu senjata andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) di pasar Tanah Air. Untuk menjaga hal tersebut, pabrikan berlambang huruf 'H' ini kemudian menghadirkan model terbaru dari Honda HR-V di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 beberapa waktu lalu.

All new Honda HR-V terbaru ini mendapatkan ubahan dari segi eksterior maupun interior. Selain itu, pabrikan asal Jepang ini juga menghadirkan varian baru, yaitu HR-V 1,5L E Special Edition CVT.

Menurut Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM, varian ini dihadirkan karena pihaknya melihat ada peluang pasar di segmen tersebut. Pasalnya, harga Honda HR-V 1,5L yang memang tidak terlalu tinggi dibanding varian Honda HR-V 1,8L.

"Bagaimana varian ini bisa lebih terjangkau, tapi dengan fitur di model Honda HR-V 1,8L yang bisa dilengkapi," jelas Jonfis di sela-sela media test drive Honda HR-V di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Rabu (29/8/2018).

Lanjut Jonfis, dengan adanya varian baru ini kemungkinan besar memang ada pergeseran dari konsumen Honda HR-V 1,8L dan memilih Honda HR-V 1,5L.

"Belum kita hitung pergeserannya, tapi kemungkinan besar ada. Kita harapkan ada konsumen baru yang memilih varian Honda HR-V 1,8L," pungkasnya.

3 of 3

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓