Nikmatnya Sensasi Honda CBR250RR dan RC213V-S di ICE Day 2018

Oleh Arief Aszhari pada 16 Sep 2018, 15:00 WIB
Honda RC213V-S

Liputan6.com, Jakarta PT Astra Honda Motor (AHM) semakin memanjakan komunitas dan pecinta motor sport fairing andalannya, Honda CBR. Bekerjasama dengan dua main dealer-nya untuk Jakarta, Tangerang, dan Jawa Barat (Jabar) PT Wahana Makmur Sejati (WMS) dan PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengadakan Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018, di Sirkuit Sentul, Jabar.

Selain ajang adu kebut komunitas Honda CBR250RR dan CBR150R, serta berbagai kegiatan lainnya, turut hadir juga influencecer dan pecinta roda dua, Ganindra Bimo. Suami dari Andrea Dian ini mendapatkan kesempatan emas untuk mencoba dua motor sport fairing dari pabrikan berlambang sayap mengepak ini, yaitu Honda CBR250RR dan juga versi jalanan dari tunggangan pembalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez, Honda RC213V-S.

Bimo mencoba Honda CBR250RR sebanyak tiga lap. Sedangkan untuk Honda RC213V-S, ia mencoba sebanyak dua putaran yang ditemani langsung pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rezha Dhanika Ahrens.

Tes ini adalah aksi pertama menyentuh aspal Sentul menggunakan motor berkapasitas 250 cc. Bimo memang punya motor bermesin besar. "Buat saya, Honda CBR250RR ini merupakan paket lengkap, karena secara tampilan dan desain sudah gahar dan agresif. Sedangkan dari bodi, motor ini sudah sangat laki sekali dan benar-benar seperti pembalap," jelas Bimo di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Minggu (16/9/2018).

 

2 of 3

Aksi 160 Km/jam

Honda ICE Day 2018
Honda ICE Day 2018 memberi kesempatan menjajal Honda RV213V-S. (Arief Aszhari/Liputan6.com)

Saat mencoba Honda CBR250RR ini, ia sempat menyentuh kecepatan di 160 km/jam. Jadi, secara performa, motor ini memang sudah sangat mumpuni sekali, baik untuk penggunaan di sirkuit maupun sehari-hari di jalan raya dalam lalu lintas yang cukup padat.

"Saat digunakan di trek motor ini tidak goyang, jadi secara safety Honda sudah memikirkan hal tersebut untuk konsumennya. Kalau untuk saya, membeli motor ini untuk penggunaan sehari-hari dengan kondisi macet di Jakarta sudah sangat oke," tegasnya.

Sementara itu, terkait acara Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018, mantan finalis MTV VJ Hunt 2008 ini mengaku sangat mengapresiasi hal tersebut. Pasalnya, dengan banyaknya komunitas Honda CBR250RR dan  beragamnya hobi yang dijalankan pecinta roda dua, acara ini sangat penting untuk setidaknya memberikan wadah yang positif.

"Apalagi jika berbicara atlet di Asian Games kita mencetak banyak emas, dan kini sudah saatnya kita mencetak pembalap yang berkompeten dan bisa bersaing di berbagai ajang. Selain itu, perlu diperhatikan juga sarana dan fasilitas balap di Indonesia," jelas Bimo.

           

3 of 3

Jajal Honda RC213V-S

Honda ICE Day 2018
Ganindra Bimo berkesempatan menjajal Honda RV213V-S di Honda ICE Day 2018. (Arief Aszhari/Liputan6.com)

Setelah mencoba Honda CBR250RR, Bimo langsung menjajal Honda RC213V-S di tempat yang sama. Saat mencoba roda dua seharga Rp 7,6 miliar, Bimo melaju cepat dalam dua putaran Sirkuit Sentul.

"Gila sih motor ini. Gua juga ada motor berkapasitas 1.200 cc, tapi ini (Honda RC213V-S) ini megang banget sih tenaganya. Selain performa, segi safety dari motor ini juga luar biasa, bahkan gua nyusul Rezha cepat sekali," tambah Bimo.

Selain itu, motor ini juga memiliki bobot yang ringan. Jadi, saat digunakan untuk cornering motor ini memiliki handling yang sangat mumpuni, dan gampang dikendalikan meskipun bukan untuk pembalap sekalipun.

Untuk diketahui, Honda RC213V-S dibuat khusus di pabrik Kumamoto, Jepang, dengan cara manual. Produk ini memiliki konfigurasi mesin serupa dengan versi balapnya, yaitu mesin ber-DNA balap V4, 4 tak, DOHC, 4 valve, 6 speed, berpendingin cair, dengan kapasitas 999 cc.

Mesin motor versi jalanan dari motor balap Marc Marquez tersebut mampu menyemburkan daya sampai 157 Tk pada 11.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 10.500 rpm untuk versi standar.

Honda ICE Day 2018
Honda ICE Day 2018 memberi kesempatan menjajal Honda RV213V-S. (Arief Aszhari/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓