Sukses

Honda Patenkan Desain Motor Supercharger, Calon Rival Kawasaki Ninja H2

Berbicara motor sport yang dilengkapi dengan supercharger, maka Kawasaki Ninja H2 yang pertama terbesit di pikiran. Namun hal tersebut tak akan berlangsung lama, karena Honda mempersiapkan motor dengan supercharger.

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara motor sport yang dilengkapi dengan supercharger, maka Kawasaki Ninja H2 yang pertama terbesit di pikiran. Namun hal tersebut tak akan berlangsung lama, karena Honda mempersiapkan motor dengan supercharger.

Dilansir Morebikes.co.uk, pabrikan berlogo sayap itu bahkan telah mematenkan desain pesaing Kawasaki Ninja H2 tersebut. Menariknya, konfigurasi mesin yang diterapkan ialah 2-silinder v-twin, layaknya Harley-Davidson.

Berdasarkan desain yang beredar, motor baru Honda ini akan bergenre naked-sportbike alias tidak menggunakan fairing seperti Kawasaki Ninja H2. Sasisnya menggunakan sistem teralis untuk menjaga bobotnya tetap ringan.

Supercharger motor ini terletak di tengah mesin, tepat di antara dua buah filter udara besar. Sepasang kotak udara tersebutlah yang nantinya memasok udara ke supercharger untuk meningkatkan tenaga dari mesin 2-silinder.

Di sektor kaki-kaki depan, Honda mengandalkan suspensi upside down. Sementara itu, di belakang, pabrikan asal Jepang ini masih menggunakan swing-arm konvensional dua sisi dan monoshock.

Penggunaan supercharger pada Kawasaki Ninja H2 berhasil membuat motor sport tersebut memiliki tenaga terbesar di kelas 998cc, mencapai 207 Tk. Sebagai perbandingan, tenaga Kawasaki Ninja ZX-10R yang berkubikasi sama hanya sebesar 197 Tk.'

Sumber: Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kawasaki Ninja H2 2019 Semakin Kencang, Ini Rahasianya

Kawasaki siap menyita kembali perhatian para pecinta adrenalin. Pabrikan asal Jepang tersebut  menyegarkan seluruh produknya di Eropa, mulai dari Kawasaki Versys-X 300 hingga Kawasaki Ninja H2.

Mengutip dari Motorcyclenews.com, pada ajang Bonneville Speed Week, mereka mengumumkan model terbaru dari Kawasaki Ninja H2. Tak hanya perubahan pada tampilan, mesinnya pun diklaim lebih bertenaga, mencapai 228 Tk.

 

 

 

Peningkatan performa tersebut tidak terlepas dari ubahan di sektor supercharger. Selain itu, model baru ini meminjam beberapa komponen dari saudara kembarnya Kawasaki Ninja H2 SX SE, seperti ECU dan kaliper rem depan Brembo Stylema.

Menariknya, Kawasaki Ninja H2 2019 memiliki fitur "self-healing paint". Teknologi cat ini memungkinkan body menjadi kembali mulus setelah mengalami lecet, asalkan suhu sekitar cukup tinggi.

Tampilan instrumen panel juga diperbarui sehingga mirip dengan Kawasaki Ninja H2 SX XE. Fitur tersebut kini menggunakan teknologi TFT dan dapat terhubung dengan aplikasi "Rideology".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.