Sukses

Kemenhub Ingin Pasang Pagar Pembatas Seperti Rencana Ridwan Kamil

Rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akan memasang System Roller atau Roller Barrier sebagai pembatas jalan di wilayah Jawa Barat rupanya disambut hangat Kementerian Perhubungan RI.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akan memasang System Roller atau Roller Barrier sebagai pembatas jalan di wilayah Jawa Barat rupanya disambut hangat Kementerian Perhubungan RI.

Hal ini diungkapkan langsung Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Budi mengaku tertarik, dan hingga kini dirinya masih mencari tahu fungsi pembatas jalan buatan Korea Selatan itu via internet.

"Maka saya katakan 2019 saya akan pakai tapi hanya ada di beberapa titik tertentu yang kerawanannya seperti di Cikidang," ucap Budi di hadapan wartawan.

Budi sendiri saat ini masih belum mau membeberkan titik mana saja yang bakal dipasang System Roller di jalanan Indonesia, namun untuk prioritas utama teknologi pada pembatas jalan ini akan dipasang terlebih dahulu di wilayah Sukabumi, Puncak, dan Subang.

Kata Budi, jika memang ada penyuplai yang mengadakan System Roller di Indonesia maka hal itu akan dipertimbangkan untuk digunakan di tahun depan.

" Perkembangan teknologi dan segala macem cepat banget. Kemaren terakhir itu untuk guard rail itu kita kan masih pakai pelat baja, terakhir pakai kawat dan sekarang dipakai di jalan tol Cikampek sampai Cirebon," sambungnya.

" Nah sekarang ada lagi teknologi, begitu nabrak maka akan langsung belok. Saya pengen tau. Kalau ada penyuplainya saya akan pakai di 2019. Tapi tidak panjang hanya di tikungan tertentu," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lihat Cara Kerja Pagar Pembatas yang Akan Diterapkan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil rupanya benar-benar ingin membuat jalanan yang memiliki kelokan tajam di sejumlah titik di wilayah Jabar jadi lebih aman untuk kendaraan.

Setidaknya, Kang Emil (sebutan Ridwan Kamil) berencana akan menerapkan penggunaan System Roller atau Road Barrier di setiap pagar pembatas.

 

 

 

Bahkan untuk meyakinkan masyarakat, mantan Walikota Bandung itu mengunggah kedua kalinya teknologi pagar pembatas yang dibuat Korea Selatan itu melalui akun Instagram-nya @ridwankamil.

Kata Kang Emil, Road Barrier merupakan teknologi silinder putar yang akan secepatnya diterapkan, agar jalanan Jawa Barat lebih aman.

“TAPI tetep jangan ngebut, lengkapi keamanan mobil, pake seatbelt dll.. INGAT keluarga anda setiap hari menunggu anda pulang dengan selamat di rumah. Aamii,” tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram-nya.

Unggahan yang dilakukan Ridwan Kamil ini juga memperlihatkan acara kerja Road Barrier, lihat videonya di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini