Benelli Rilis Penantang Yamaha Soul GT 125

Oleh Liputan6.com pada 12 Sep 2018, 18:37 WIB
Benelli

Liputan6.com, Jakarta - Benelli merupakan salah produsen sepeda motor dengan produk terlengkap. Tidak cuma dikenal dengan motor dengan kapasitas mesin besar, brand asal Italia ini juga memiliki model dengan cc kecil.

Terbaru, untuk pertama kalinya Benelli VZ125i meluncur di Malaysia. Skuter matik ini disebut-sebut akan menjadi kompetitor Yamaha Soul GT 125, yang lebih dulu popular di Negeri Jiran.

Seperti diberitakan Zing, selain menjadi pesaing Yamaha Mio Soul GT 125 dari sektor mesin, VZ125i juga akan menjadi penantang Honda BeAT pada sektor desain.

Meski brand Italia ini kini dimiliki oleh China, tapi VZ125i tak menanggalkan ciri khas Benelli. Tak mengikuti gaya sepeda motor China pada umumnya.

VZ125i menggunakan aluminium untuk komponen-komponennya, termasuk brake pads dan foot pads. VZ125i juga menggunakan LED untuk headlamps, lampu sein, dan tail lights, juga halogen untuk headlamps. Desain pada pit tunnel pun sangat menunjukkan karakter Benelli.

Motor matik dengan 3 varian yakni, red, blue, dan SE ini menggunakan suspensi telescopic di depan dan shock tunggal absorber di belakang. Sementara varian SE juga memiliki tangki minyak untuk peredam.

Di bagian belakang, akan terlihat knalpot berukuran besar. Sedangkan di depan, terlihat ada dua ceruk kecil dengan tipe kunci biasa.

Komponen pengereman skuter matik ini menggunakan rem cakram berdiameter 220 mm di depan, selang rem 2-piston, sedangkan di bagian belakang hanya menggunakan rem drum. Sementara ban bagian depan berukuran 70/90, ban belakang berukuran 80/90.

 

2 of 3

Selanjutnya

Display speedometer VZ125i juga lengkap dengan detail rpm, kapasitas bahan bakar, waktu dan jarak, serta jam elektronik. Sementara panel lainnya juga terlihat sama seperti skuter matik pada umumnya.

Ditambah lagi, foam container berkapasitas 4,9 liter yang cukup untuk menampung satu helm. Serta, ada port pengisian USB untuk handset.

Sebagai jantung pacu, mesin satu silinder, empat langkah SOHC berkapasitas 124 cc yang bertenaga 8,4 hp dan torsi 9 Nm melengkapi VZ125i. Mesin itu menggunakan girboks CVT dan memenuhi standar emisi Euro3.

Untuk harganya? pesaing Yamaha Mio Soul GT 125 ini dilego seharga USD 1.276 atau Rp 18.9 jutaan (Kurs USD 1 = Rp 14.843) untuk varian red dan blue. Sedangkan varian SE seharga USD 1.420 atau Rp 21 jutaan.

Sementara harga Yamaha Mio Soul GT 125 di Malaysia USD 1.330 atau Rp 19,7 jutaan. Harga Benelli tersebut cukup bersaing untuk konsumen di Malaysia.

Sumber: otosia.com

3 of 3

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by