Sukses

BMW Punya 2 SUV Kencang Terbaru, X3 M dan X4 M

Bagi kalangan pecinta BMW M, dua varian kencang SUV ini sedang ditunggu-tunggu. BMW memastikan segera meluncurkan X3 M dan X4 M, walau belum dikonfirmasi kapan tepatnya. Dengan demikian, racikan M Division murni semakin luas merambah ke model X-Series.

Liputan6.com, Munich - Biasanya SUV identik dengan kemampuan untuk menjelajah berbagai medan, memiliki ground clearance tinggi, dan torsi mumpuni untuk melahap medan. Biasanya, akselerasi yang membuat Anda menahan napas tidak termasuk dalam priotas. 

Nah, bagi kalangan pecinta BMW M, dua varian kencang SUV ini sedang ditunggu-tunggu. BMW memastikan segera meluncurkan X3 M dan X4 M, walau belum dikonfirmasi kapan tepatnya. Dengan demikian, racikan M Division murni semakin luas merambah ke model X-Series.

Varian M untuk BMW X3 dan X4 diyakini bakal jadi X-Series M yang spesial. Selain baru pertama kali ini M murni untuk dua SUV kompak itu, rumor tentang mesin dan sistem penggerak baru ternyata benar. Perkenalan awal sebelum meluncur dilakukan BMW secara khusus. Awak media di Eropa diundang ke sirkuit Nurburgring untuk melihat langsung prototype X3 M dan X4 M sedang diuji.

Keduanya masih tertutup kamuflase, tapi tidaklah ekstrem. Semua lekuk dan bagian tubuh sudah terlihat, berikut detil dari M sendiri. Namun yang terpenting, terjawabnya dua pertanyaan besar dari segi teknis. Gosip tentang mesin baru untuk jajaran BMW M benar adanya bakal dipakai oleh X3 M dan X4 M.

Sejatinya BMW masih bungkam soal spesifikasi maupun kode dari mesin itu. Mereka hanya menjelaskan soal pengembangan mesin 6-silinder inline berteknologi M TwinPower dengan karakter putaran mesin tinggi. Situs BMWblog menegaskan, mesin itu S58. Merupakan versi tuning yang dilakukan oleh M, dari mesin S55 3,0-liter 6-inline milik M3/M4. Prediksi besaran tenaga, setidaknya mencapai 450 Tk.

Angka itu sudah melampaui tenaga standar BMW M3/M4 sebesar 425 Tk. Terbayang buasnya performa X3/X4 M yang tak kalah dengan model M sedan. Mesin ini dianggap penting sebab bukan dirancang untuk X3 atau X4 saja, melainkan untuk model M lain berikutnya. Kemungkinan besar untuk M3 dan M4 generasi terbaru.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Berita besarnya bukan dari mesin saja. BMW mengonfirmasikan sistem penggerak M xDrive bakal diaplikasi oleh BMW X3 M dan X4 M. Sistem AWD ini masih sangat segar dan baru dipakai oleh BMW M5 F90. Berarti, X3/X4 M menjadi SUV M pertama yang menerapkan penggerak canggih ini.

Belum ada keterangan lebih jauh dari BMW soal metode sistem penggerak yang dipakai. Apakah sama persis seperti M5 atau tidak. Jika sama, maka amatlah menarik. Sistem penggerak empat roda (AWD) M xDrive milik M5 bisa berubah menjadi penggerak roda belakang (RWD). Bukan berkaitan seperti transfer case 4x4 untuk medan off-road, melainkan disebut mode Drift. Jika aktif, maka hanya roda belakang yang berputar dan mobil mampu melakukan powerslide maupun drifting.

Sistem canggih M xDrive sukses mengangkat nama M5 sebagai sedan super dengan pengendalian hebat. Ingin karakter bersih bisa, nakal pun bisa. Tak menutup kemungkinan kelebihan yang sama ada juga di X3/X4 M. Melampaui kemampuan BMW X5 M dan X6 M sekalipun. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.