Sukses

Lihat Cara Kerja Pagar Pembatas yang Akan Diterapkan Ridwan Kamil

Kata Ridwan Kamil, System Roller merupakan teknologi silinder putar yang akan secepatnya diterapkan, agar jalanan Jawa Barat lebih aman.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil rupanya benar-benar ingin membuat jalanan yang memiliki kelokan tajam di sejumlah titik di wilayah Jabar jadi lebih aman untuk kendaraan.

Setidaknya, Kang Emil (sebutan Ridwan Kamil) berencana akan menerapkan penggunaan System Roller atau Road Barrier di setiap pagar pembatas.

Bahkan untuk meyakinkan masyarakat, mantan Walikota Bandung itu mengunggah kedua kalinya teknologi pagar pembatas yang dibuat Korea Selatan itu melalui akun Instagram-nya @ridwankamil.

Kata Kang Emil, Road Barrier merupakan teknologi silinder putar yang akan secepatnya diterapkan, agar jalanan Jawa Barat lebih aman.

“TAPI tetep jangan ngebut, lengkapi keamanan mobil, pake seatbelt dll.. INGAT keluarga anda setiap hari menunggu anda pulang dengan selamat di rumah. Aamii,” tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram-nya.

Unggahan yang dilakukan Ridwan Kamil ini juga memperlihatkan acara kerja Road Barrier, lihat videonya di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seberapa Hebat

Seperti yang disebutkan situs ETI, selaku pemilik paten produksi System Rolling, teknologi digunakan untuk pembatas jalan raya yang telah banyak digunakan di jalanan di Korea Selatan.

Semua produk ETI sudah di prakualifikasi oleh otoritas Keselamatan Lalu Lintas Jalan Korea Selatan dan lulus uji tabrak.

System Roller ini terpasang di tempat rawan kecelakaan, bentuknya memang sama seperti pembatas jalan atau rail guard. Selain lempeng baja, pembatas jalan ini juga dilengkapi roller plastik berwarna kuning yang dipasang menggunakan tiang sumbu pada rail guard.

Masih menurut ETI, dengan cara kerja memutar maka saat kendaraan hilang kendali dan menabrak system roller, maka hal itu akan langsung diserap dan energi kejut dari laju dari kendaraan yang menabrak diubah menjadi energi rotasi.

Dengan kata lain, jika pada umumnya kendaraan menabrak pembatas tetap akan merusak pembatas jalan dan masuk jurang, maka dengan System Roller hal itu membantu kendaraan kembali ke jalan dengan berputar saat mobil menabrak penggulung secara lateral.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.