Sukses

Serba Hitam, HD Bobber Softail Ini Jadi yang Terbaik di Makassar

Harley-Davidson (HD) bergaya Bobber Softail milik Herman Dahlan dinobatkan sebagai Best of the Best di Suryanation Motorland Battle 2018 seri Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Suryanation Motorland Battle 2018 seri Makassar telah menentukan juaranya. Harley-Davidson (HD) bergaya Bobber Softail milik Herman Dahlan dinobatkan sebagai Best of the Best.

Atas kemenangan tersebut, pria yang karib disapa Abhel itu berhak memboyong motor gede (moge) kelir hitamnya itu untuk mengikuti Grand Battle Suryanation Motorland 2018 di Surabaya akhir bulan ini.

Abhel menjelaskan, basis mesin yang digunakan pada motor kustomnya tersebut adalah Harley-Davidson Dyna lansiran 2005. Sementara bagian lain seperti sasis, knalpot, stang, hingga sissy bar dirancang sendiri.

"Sasis dibuat rigid pakai pipa seamless," katanya saat ditemui usai pengumuman pemenang Suryanation Motorland Battle 2018 seri Makassar di Parking Lot Phinisi Point, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/9) malam.

 

Diri mengaku, dalam membangun moge dengan tampilan serba hitam ini menghabiskan biaya hingga Rp 200 juta. Sementara waktu pengerjaan mencapai enam bulan.

"Alasan pakai warna hitam biar ciri khas Harley-Davidson menonjol dan biar terlihat sangar," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pria yang melakoni bisnis jual beli moge itu menyebut bagian tersulit dalam perancangan motor ini adalah proses pengubahan sistem pengabutan.

"Yang paling sulit pengerjaannya dari sistem pengabutan, karena awalnya injeksi tapi diubah jadi karburator supaya suaranya jadi lebih garang," akunya.

Pada bagian kaki-kaki, Abhel menggunakan ban gambot dari Avon sehingga membuat tampilan motor ini menjadi sangat berisi. Sementara pada sistem suspensi, seperti kebanyakan Bobber Softail, bagian depannya menggunakan tipe springer.

Karena menggunakan sasis rigid maka tidak ada suspensi belakang. Agar pengendara tetap nyaman maka pada jok diberi pegas untuk meredam getaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.