Sukses

Audi R8 Akan Mengadopsi Mesin Listrik, Tenaga Tembus 1000 Tk

Jika R8 benar akan menggunakan listrik, maka R8 tak lagi memiliki kaitan dengan Lamborghini Huracan. Platform akan tetap sama, tapi mesin akan ditingkatkan menggunakan V10 5.2L naturally aspirated dengan motor listrik.

Liputan6.com, Ingolstadt - Baru saja bulan lalu Audi memamerkan mobil konsep bertenaga 764 Tk di Pebble Beach. Tak lama kemudian rumor hypercar listrik dari Audi pun tersebar.

Dilansir Motor1, kabar supercar Audi itu akan bertenaga 1.000 Tk. 4WD R8 E-Tron dilaporkan akan mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2 detik.

Jika R8 benar akan menggunakan listrik, maka R8 tak lagi memiliki kaitan dengan Lamborghini Huracan. Platform akan tetap sama, tapi mesin akan ditingkatkan menggunakan V10 5.2L naturally aspirated dengan motor listrik.

Sementara itu, Audi juga memiliki agenda untuk E-Tron. Mengingat SUV itu akan meluncur akhir bulan ini dan diikuti oleh E-Tron Sportback tahun 2019.

Sedangkan Audi Sport sedang merampungkan E-Tron GT untuk diluncurkan pada awal dekade mendatang. Sebagai catatan terakhir, R8 saat ini akan mendapatkan penyegaran yang kemungkinan melahirkan varian V6 dan RS GT baru.

Sumber: Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ternyata Audi Juga Pernah Bikin Sepeda Motor, Ini Sosoknya

Audi dikenal sebagai salah satu pabrikan mobil premium yang memiliki nama besar. Namun ternyata, di era 1970-an, tepatnya 1977, Audi pernah membuat sebuah sepeda motor bernama Audi Z02.

Sportbike ini adalah hasil pengembangan tim Audi pada tahun 1975 yang terdiri dari 3 orang teknisi dan 2 orang mekanik.

 

 

 

Mengutip dari 4legend.com, tim kecil ini bekerja secara diam-diam di pusat riset dan pengembangan Audi di Ingolstadt, Jerman. Pasalnya, para petinggi Audi sekaligus bos Volkswagen waktu itu sebenarnya menolak proyek tersebut.

Namun, Direktur Teknis VW saat itu, Profesor Piech antusias pada pengembangan sepeda motor Audi. Kemudian, berjalanlah riset tersebut dan dikepalai oleh Wlater Treser sebelum akhirnya berpidah ke Roland Gumpert, salah satu teknisi Audi.

Berbekal mesin Audi 50, 4-silinder 1.093 cc, akhirnya mereka menunjukkannya pada Dr. Ing. Werner P. Schmidt, Direktur Pemasaran VW kala itu.

Namun, Scmidht justru marah besar dan mengakhiri presentasi Gumpert, bahkan sebelum dimulai. Sejak saat itu, proyek Audi Z02 akhirnya dihentikan sehingga motor tersebut hanya ada 1 unit di dunia.

Sebenarnya, Audi Z02 merupakan sepeda motor high-end. Basisnya menggunakan BMW R 90S yang dibeli oleh Gumpert pada tahun 1975. Mesin motor tersebut diganti dengan milik Audi 50 dan dikawinkan dengan gearbox dari Norto.

Sementara itu, desainer Audi merancang bentuk tangki, jok, dan cover body. Tampilannya pun benar-bernar bernuansa era 1970-an dengan fairing boxy dan lampu bulat serta penggunaan windshield di atasnya.

Anehnya, keberadaan Audi Z02 sempat dirahasiakan tanpa alasan yang jelas. Barulah pada tahun 1999 motor ini ditunjukkan ke dunia. Kini, sportbike tersebut berada di museum kendaraan di Ingolstadt, Jerman.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.