Sukses

Lakukan Ini supaya Harga Jual Mobil Bekas Tetap Tinggi

Baik untuk keperluan lain ataupun pembelian unit baru, saat menjual mobil bekas (mobkas) pasti berharap mendapat harga yang pantas. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian pemilik, saat hendak mengganti mobil baru biasanya terlebih dahulu akan menjual mobil lamanya. Hal tersebut, agar uang dari hasil penjualan mobil bekasnya bisa digunakan untuk menambahkan down payment (DP) atau bahkan melunasi pembayaran secara tunai.

Namun, ada juga pemilik mobil yang menjual mobilnya memang karena tengah membutuhkan uang untuk berbagai keperluan. Baik untuk keperluan lain ataupun pembelian unit baru, saat menjual mobil bekas (mobkas) pasti berharap mendapat harga yang pantas.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar saat menjual mobkas dengan harga tinggi, seperti dilansir di laman resmi Suzuki Indonesia, ditulis Senin (3/9/2018):

1) Periksa kondisi mobil secara menyeluruh

Sebelum menjual mobil, periksalah kondisi semua bagian mobil. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kerusakan, atau kekurangan yang mungkin tidak terlihat, khususnya pada bagian mesin mobil. Selain mesin, periksa juga cat mobil, kinerja mobil, kaca, dan bagian lainnya yang memang harus dicek secara menyeluruh.

Jika memang ada yang perlu diganti, gantilah terlebih dahulu. Ini penting supaya pembeli nantinya tidak akan melakukan komplain pada Anda, jika mereka menemukan kerusakan setelah membeli mobil tersebut. Dengan kondisi mobil yang prima, Anda bisa lebih mudah menawarkannya dengan harga tinggi dan kemungkinan calon pembeli menawar dengan tawaran sadis bisa diminimalisir.

2) Cek kebersihan mobil

Untuk faktor yang satu ini juga sangat penting, karena biasanya poin pertama yang dilihat oleh calon pembeli adalah kebersihan mobil. Bersihkan secara menyeluruh, baik bagian luar dan bagian dalam mobil, agar mobil tampak lebih menarik.

Ingatlah, bahwa sebagian besar orang yang membeli mobil bekas selalu memilih mobil yang masih terlihat terawat dan bersih. Jadi, cek secara menyeluruh kebersihan mobil agar Anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3) Cari tahu harga di pasaran

Mencari tahu harga di pasaran sangat berguna agar kita tidak mematok harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Pengecekan harga bisa dilakukan melalui internet, koran, majalah, dan lain sebagainya.

Ingat, jika memasang harga terlalu rendah, sudah pasti Anda akan rugi. Sebaliknya, jika memasang harga terlalu tinggi, Anda juga rugi karena Anda tentu akan lebih sulit menemukan pembeli.

4) Pilih cara penjualan

Cara penjualan di sini ada beberapa pilihan. Anda bisa langsung ke dealer mobil bekas, pergi ke bursa jual mobil, atau kunjungi pasar mobil bekas yang saat ini memang sudah tersedia di beberapa dealer pabrikan, seperti Auto value milik Suzuki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.