Sukses

Kenali Sebab dan Akibat Rem Berdecit

Suara berdecit merupakan pertanda bahwa ada bagian pada sistem pengereman yang tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik mobil pasti pernah mendengar suara berdecit ketika berkendara. Ya, sumber suara tersebut biasanya datang dari bagian sistem pengereman.

Akan tetapi, tak semua pemilik mobil langsung merespon ketika mendengar suara berdecit. Namun yang pasti, jika hal tersebut dialami Anda, ada baiknya jangan dibiarkan berlarut-larut.

Menurut situs Hyundai Indonesia, suara berdecit merupakan pertanda bahwa ada bagian rem yang tidak sehat.

Jika dibiarkan berlanjut, bukan tak mungkin jika terjadi pada masalah pengereman baka hal itu akan menimbulkan masalah baru, baik merusak rem sampai keselamatan.

Akan tetapi tak sedikit yang menyatakan, suara berdecit dikarenakan kaki-kaki pada mobil terkena air baik akibat dicuci atau genangan air.

Karna itu, apabila mendengar suara berdecit sebaiknya lakukan periksaan ke bengkel terdekat.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebab-Akibat

Adapun beberapa sebab akibat suara rem berdecit antara lain:  

Suara berdecit sering kali terjadi karena kampas rem sudah aus. Selain itu, suara berdecit bisa timbul karena piringan kampas rem tidak rata. 

Dua penyebab ini karena gesekan yang terjadi pada saat mobil berjalan sehingga menjadikan permukaan cakram mudah panas, dan rentan penyok ketika mobil melintasi atau mengalami benturan.

Penyebab rem berdecit bisa juga karena kotoran yang menempel pada permukaan disc brake, sehingga harus cepat dibersihkan. 

Untuk itu, agar mendapat penanganan yang tepat, segeralah bawa kendaraan ke bengkel agar dapat penanganan yang tepat.

Jika sudah dalam kondisi penyok, satu-satunya cara adalah mengganti komponen tersebut.

Dalam melakukan penggantian, ada hal lain yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah selalu menggunakan spare part asli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.