Sukses

Nissan Siapkan Juke Generasi Terbaru, Seperti Apa?

Didesain di studio Nissan London, mobil itu akan siap untuk debut saat motor show dalam beberapa bulan dan akan mulai diproduksi pada 2019.

Liputan6.com, London- Saat ini nasib Nissan Juke memang kurang beruntung untuk pasar Amerika. Namun hal tersebut berbeda jauh jika dibanding di Eropa. Kabarnya, generasi Juke akan segera meluncur dengan desain yang jauh berbeda dari generasi terakhir.

Didesain di studio Nissan London, mobil itu akan siap untuk debut saat motor show dalam beberapa bulan dan akan mulai diproduksi pada 2019.

"Tampangnya tak terlalu mirip dengan yang terakhir. Juga tak terlalu mirip dengan IMx (crossover listrik konsep yang dikenalkan di Tokyo, tahun lalu) atau new Leaf," ujar bos desain Nissan Global, Alfonso Albaisa, kepada Autocar.

Albaisa menampik rumor bahwa pengganti Juke telah ditinjau dan dikirim kembali untuk didesain ulang.

"Juke pasti akan segera hadir. Tetapi tidak bisa 'dikirim kembali'. Saya tidak yakin dari mana cerita itu berasal. Ini mobil yang sangat keren dan masih memiliki pamor," paparnya.

Generasi pertama Nissan Juke dikenalkan pada Geneva Motor Show pada 2010 dan langsung mendapatkan popularitasnya di kelas supermini-sized crossover.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Di Eropa, penjualan Juke terus tumbuh hingga 10 kali lipat antara 2010 hingga 2016. Tahun 2022 diperkirakan akan naik dua kali lipat dari 2016, sebesar 1,13 juta unit.

Generasi terbaru Juke sepertinya akan diproduksi menggunakan pengembangan versi Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, yakni V-[platform yang juga dipakai untuk Renault Clio dan Nissan Micra. Diperkirakan Juke akan menggunakan mesin 899cc 3-silinder dan 1197cc 4-silinder turbo yang digunakan Micra dan Qashqai. Kedua mesin itu menghasilkan output 89 bhp dan 114 bhp.

Mesin diesel 1.5L bertenaga 109 bhp sepertinya juga akan tersedia, dengan sistem four-wheel drive transmisi otomatis, bisa menjadi versi tertinggi.

Sayangnya, Albaisa tak mengonfirmasi apakah generasi Juke akan dipamerkan untuk mengukur pasar di pameran seperti konsep Qazana yang dipamerkan pada Geneva Motor Show 2009 Mengingat tingkat risiko dan seberapa nyamannya mobil itu, kemungkinan besar Nissan akan memaksimalkan Juke dengan tak mengumbar wujud Juke hingga waktu peluncurannya tiba.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.