Sukses

Renault Siapkan Mobil Listrik Berbasis Mobil Murah, Masuk ke Indonesia?

Renault tengah menyiapkan mobil listrik berbasis Renault Kwid yang diperkirakan akan diluncurkan pada 2020 mendatang.

Liputan6.com, New Delhi - Saat ini mobil asal pabrikan Eropa yang dijual dengan harga terjangkau adalah Renault Kwid. Berdasarkan data dari Oto.com, crossover mungil berkapasitas 5 orang tersebut dibanderol senilai Rp 120 jutaan.

Kini, mengutip dari Drivespark.com, pabrikan asal Prancis tersebut tengah menyiapkan mobil listrik berbasis Renault Kwid untuk pasar India. Pihak Renault India saat ini tengah berada di Cina guna mempelajari pengembangan versi listrik dari mobil tersebut. Diperkirakan, Renault Kwid listrik akan dirilis pada tahun 2020.

Saat ini, di Indonesia, Renault Kwid dipersenjatai dengan mesin 3-silinder 999cc berbahan bakar bensin. Dapur pacu bertenaga 67 Tk dan torsi 91 Nm tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi manual 5-percepatan.

Kecil kemungkinan produk ini juga akan beredar di Indonesia mengingat prestasinya yang tak terlalu gemilang. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, angka distribusi tertinggi Renault Kwid sejak awal 2018 lalu hingga Juli terjadi pada Mei, hanya 19 unit. Penjualan terendahnya terjadi pada juli 2018 kemarin, hanya 2 unit.

Di pasar mobil Indonesia, nama Renault Kwid berada di bawah bayang-bayang Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan Honda Brio. Crossover mungil ini tidak diproduksi di tanah air tetapi didatangkan langsung dari India alias CBU (completely built-up).

Sumber: Otosia.com

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Renault Punya Mobil Murah Baru, Harga di Bawah Kawasaki Ninja 250

Renault secara resmi meluncurkan Kwid facelift di India pada awal Agustus 2018. Mobil asal Prancis tersebut dibanderol mulai INR266.000 atau Rp55 jutaan, lebih murah dari Kawasaki Ninja 250 versi 2018, Rp62 jutaan.

Dilansir Drivespark.com, ada 8 varian Renault Kwid yang ditawarkan. Harga untuk model terendahnya hanya INR266.700 atau sekitar Rp56 jutaan, sementara versi tertingginya dibanderol INR464.400, yang setara dengan Rp97,7 jutaan.

 

 

 

Generasi terbaru Renault Kwid masih tetap menggunakan mesin yang sama, 3-silinder 800cc dan 1.000cc. Kedua varian tersebut berbahan bakar bensin serta hadir dalam dua pilihan transmisi, otomatis dan manual 5-percepatan.

Varian mesin 800cc mampu menghasilkan tenaga sebesar 52 Tk dengan torsi maksimum mencapai 72 Nm. Sedangkan dapur pacu berkapsitas 1.000cc memiliki tenaga 67 Tk dan torsi 91 Nm.

Renault Kwid 2018 hadir dengan wajah yang lebih segar. Mobil murah ini sekarang mendapat bumper dual-tone baru, gril krom, dan lampu sein C-shape. Varian menengah ke atas dibekali body-coloured bumper, cover velg, dan fog lamp.

Menariknya, pada varian transmisi otomatis dengan AMT gearbox, Renault Kwid dibekali teknologi creep function. Fitur ini memungkinkan mobil untuk berjalan pelan dalam kemacetan meskipun pedal gas tidak diinjak.

Meski terbilang mobil murah, Renault Kwid 2018 memiliki kamera parkir. Bahkan, varian tertingginya ditawarkan dengan 7" MediaNav touchsreen. Layar ini juga menyajikan tampilan dari kamera parkir.

Saat ini, di Indonesia, hanya ada satu varian Renault Kwid. Mobil ini menggunakan mesin 999cc dan dikawinkan dengan transmisi manual. Mengenai harga, Renault Kwid di Indonesia dibanderol Rp120 jutaan.

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.