Sukses

Daftar Motor Retro Produksi Masal yang Ada di Indonesia (Bagian 1)

Sepeda motor bergaya retro atau klasik kini mulai menjamur di pasar otomotif. Meski bergaya zaman dulu (Jadul) harga yang ditawarkan terkadang lebih mahal daripada motor-motor yang saat ini beredar di jalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor bergaya retro atau klasik kini mulai menjamur di pasar otomotif. Meski bergaya zaman dulu (Jadul) harga yang ditawarkan terkadang lebih mahal daripada motor-motor yang saat ini beredar di jalanan.

Belum lagi, merek motor yang menjajakan motor tersebut namanya tidak diragukan lagi. Bahkan, beberapa di antaranya jadi produsen otomotif dunia yang masuk dalam golongan merek premium.

Adapun kesan retro ini cukup mencolok bahkan sangat menegaskan ciri motor lawas, mulai dari lampu bulat, desain tangki bensin teardrop shape, hingga jok. Tentunya, gaya berkendara yang santi juga terlihat di motor retro.

Nah, kali ini Liputan6.com, akan membahas motor retro yang dijual secara masal. Tentunya ini dipasarkan di Indonesia dan peminatnya cukup tinggi.

Dan ternyata, motor bergaya retro ini cukup banyak jenisnya. mau tahu ulasanya, lihat daftarnya di bawah ini:

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Honda Scoopy

PT Astra Honda Motor menjadi agen pemegang merek sepeda motor Honda menjual Honda Scoopy secara masal. Skuter matik ini dijual melalui Motor ini selalu jadi tiga terbesar penyumbang penjualan Honda. Bahkan selama Januari-Juni 2018, Honda Scoopy laku 387.439 unit. Angka tersebut membuat Scoopy model terlaris di Indonesia kedua.

Di Indonesia, Honda skutik bermesin 108,2 cc ini telah mengalami beragam perubahan dan juga penyematan teknologi dan fitur kekinian. Soal harga skutik ini dilepas sekitar Rp 18 jutaan.

 

3 dari 8 halaman

Honda Super Cub C125

Selain itu, Honda juga memiliki motor bebek terbaru bergaya retro yaitu Super Cub C125. Tampilan model yang satu ini memang sangat klasik dan menarik dilihat.

Disebutkan, motor bebek ini terinspirasi dari motor Honda keluaran pertama yaitu pada 1958. Bahkan motor bebek ini diklaim telah melahirkan sebanyak 100 juta unit di seluruh dunia.

Soal harga, di Indonesia motor ini dijual sebesar Rp 55 juta dengan status on the road Jakarta.

4 dari 8 halaman

Honda Rebel

Honda Rebel 500, pertama kali didistribusikan awal 2018 lalu dengan angka distribusi di atas 25 unit. Namun beberapa bulan terakhir  peminatnya semakin bertambah di Indonesia.

Motor bergaya Cruiser Bike ini dilengkapi liquid cooled, 4 stroke, 8 valve, DOHC with parallel twin engine, berkapasitas 250 cc, yang sanggup memuntaklan daya 47,2 Tk torsi 45.8 Nm. karena masuk segmen premium motor ini dijual lebih mahal dan hanya dipasarkan melalui dealer Honda Big Bike dengan banderol Rp 154,5 juta on the road Jakarta.

5 dari 8 halaman

Yamaha Fino

Salah satu rival utama Honda yaitu Yamaha, karena itu penantang dari skutik Honda Scoopy yaitu Yamaha Fino. Di Indonesia Yamaha Fino hadir dalam beberapa seri, mulai dari New Fino Sporty, Premium dan Grande. Yang membedakan ketiga varian ini adalah fitur, termasuk model Grande sebagai varian tertinggi dilengkapi stop & start system, yang berfungsi untuk menghemat bahan bakar.

Yamaha Fino ini dibanderol bermesin 125 cc, pendingin udara, 4 langkah, SOHC, yang sanggup menghasilkan daya 9,4 Tk. Banderol Yamaha Fino dijual mulai Rp 17,5 juta sampai Rp 18,9 juta dengan status on the road Jakarta.

6 dari 8 halaman

Kawasaki W175

Sejak diluncurkan 2017 akhir, Kawasaki W175 menjadi incaran pecinta motor Jepang yang ingin tampil beda di jalanan. Bergaya  desain kental beraura klasik mulai dari bentuk tangki, lampu, dan spion yang membulat sehingga kental dengan nuansa motor era 1980-an.

Kawasaki W175 mengusung mesin 1-silinder SOHC 177 cc berpendingin udara. Sayangnya, dapur pacu bertenaga 12,8 Tk dan torsi maksimum 13,2 Nm tersebut masih disokong dengan karburator.

Di Indonesia, ada dua varian yang ditawarkan, yaitu Kawasaki W175 standar seharga Rp 29,8 juta dan Kawasaki W175 SE, Rp 31,1 juta. Perbedaan antara keduanya hanya terdapat pada penggunaan warna dan striping.

7 dari 8 halaman

Vespa

Membahas sepeda motor bergaya klasik, tentunya nama Vespa menjadi yang paling awal teringat. Meski saat ini Vespa mengusung transmisi matik, namun secara garis besar, motor ini dibuat dari setiap generasi tetap memberikan nuansa retro. 

Beberapa model Vespa yang saat ini hadir di Indonesia yaitu Primavera, Vespa LX, Vespa S, Vespa Sprint, dan Vespa GTS. Harga Vespa di Indonesia dilepas mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

8 dari 8 halaman

Peugeot Django

Skuter asal Prancis ini, resmi hadir di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 lalu. Peogeot Django ini hadir dalam tiga varian Peugeot Django Style Evasion, Style Sport, dan Style Allure.

Peugeot Django ini telah dilengkapi mesin 4 langkah, satu silinder berpendingin dengan kapasitas 150 cc yang mampu memuntahkan daya hingga 11,1 tk. Skuter ini hadir dalam tiga varian yaitu Sport, Evasion dan Alure, harganya Rp 39,9 juta sampai Rp 42,9 juta on the road Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.