Parkir di Tanjakan, Ban Lurus atau Belok?

Oleh Liputan6.com pada 24 Agu 2018, 20:37 WIB
Diperbarui 26 Agu 2018, 20:13 WIB
3 Mobil yang Anti Melorot di Tanjakan

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda menyadari posisi ban yang benar saat parkir di tanjakan seperti apa? Mungkin belum banyak orang yang sadar tahu hal tersebut, namun posisi ban bisa berbeda saat parkir di tanjakan.

Saat parkir di lahan yang mendatar, posisi ban sudah seharusnya lurus sesuai dengan dengan setir. Tapi tidak jika lahan parkir memiliki kontur yang menurun atau menanjak.

Lalu, posisi ban yang benar seperti apa?

Melansir situs resmi Suzuki, posisi ban disarankan sedikit berbelok ke kiri atau ke kanan jika Anda sedang parkir di tempat yang menanjak atau menurun. Jika di sekitar tempat parkir terlihat ada trotoar, maka posisi yang paling disarankan adalah ban dibelokkan menghadap trotoar.

Posisi ban seperti itu akan memaksimalkan daya cengkram ban dan meminimalisir mobil melaju begitu saja. Sebaliknya, jika sedang parkir di jalan yang menanjak, posisikan ban ke arah berlawanan dari sisi trotoar.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Jika mobil Anda dilengkapi dengan fitur Hill Hold Control (HHC), jangan lupa untuk mengaktifkan fitur tersebut ya. HHC memungkinkan kendaraan tak meluncur atau nyelonong begitu saja saat posisi menanjak atau menurun.

Saat menanjak atau menurun pada posisi diam, fitur ini akan memberi jeda sekitar 2 detik supaya kaki pengemudi bisa melepaskan rem kemudian pindah ke tuas gas.

Sumber: Otosia.com

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

KIA Seltos