Sukses

10 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terlibat Kecelakaan

Jika mengalami hal yang lebih fatal dari sekadar benturan, seperti mengakibatkan kerugian berupa kerusakan mesin atau bagian mobil lainnya, maka timbul rasa takut atau bingung mudah setelahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada satupun pengemudi atau pengendara yang tahu kapan terjadi kecelakaan. Namun yang pasti, kita harus berhati-hati dalam berkendara karena untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak.

Seperti diketahui berbagai kecelakaan bisa saja terjadi dalam kondisi apapun. Bahkan, meski kita tidak jadi penyebabnya, namun bisa saja kita menjadi korban.

 

Kecelakaan juga bisa bermacam-macam bentuknya, mulai dari tersenggol, dengan pengendara lain atau menghantam sesuatu hingga terdapat korban.

Seperti dilansir situs resmi Hyundai, jika mengalami hal yang lebih fatal dari sekadar benturan, seperti mengakibatkan kerugian berupa kerusakan mesin atau bagian mobil lainnya, maka timbul rasa takut atau bingung mudah setelahnya.

Bahkan tak sedikit yang terbersit dibenak pengendara adalah proses hukum.

Nah, jika mengalami kecelakaan entah berada di posisi salah atau tidak, lakukan hal berikut: 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

1. Segera menepi ke sisi jalan untuk menghindari arus lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan atau tabrakan beruntun

2. Lihat dan ingat plat nomor mobil kalau perlu catat nomor plat mobilnya

3. Hidupkan lampu tanda darurat (hazard) dan cek penumpang dan diri Anda sendiri jika ada yang mengalami luka. Kalau perlu segera panggil layanan darurat atau paramedis

4. Menemui pengemudi mobil lain yang mengalami kecelakaan, cari saksi beberapa warga atau pejalan kaki yang melihat kejadian tersebut. Cobalah untuk tidak marah saat berinteraksi dengan pengemudi lain.

Ketenangan diri akan meminimalkan perselisihan yang mungkin terjadi. Perkenalkan diri, jangan mengakui kesalahan jika Anda tidak begitu yakin dengan situasi insiden tadi

5. Saling tukar informasi asuransi. Catat dan simpan di smartphone atau selembar kertas. Jika pengemudi mobil lain tidak memiliki asuransi, catat nama, nomor SIM, nomor plat mobil, alamat, dan nomor yang bisa dihubungi.

Pengemudi itu bisa  menghadapi konsekuensi hukum dan Anda bisa melaporkan informasi ini ke polisi.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Jangan membuat kesepakatan apa pun untuk penggantian berupa uang tanpa memberitahu perusahaan asuransi, bahkan jika Anda yang salah dalam insiden ini

7. Foto kedua mobil dan tanda-tanda jejak pengereman roda. Foto-foto ini bisa dipakai untuk melaporkan kendaraan ke perusahaan asuransi Anda

8. Hubungi perusahaan asuransi. Tunggu sampai polisi mengijinkan Anda pergi dan minta salinan laporan polisi. Catat nama polisi, wilayah tugas, dan nomor anggotanya agar mudah melacaknya

9. Jangan tergesa-gesa meninggalkan lokasi kejadian, cek kembali bersama pengendara lain

10. Hati-hati menangani korban, jangan sampai malah memperparah cedera. Jangan main angkat atau memindahkan korban

Periksa kondisinya, tanya yang dirasakan bila ia sadar, sehingga punya informasi yang dibutuhkan saat menghubungi tim bantuan atau medis. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini