Sukses

Tahun Depan, Honda HR-V Menggunakan Turbocharger

Honda akan menambahkan beberapa varian mesin HR-V. Mulai dari jantung mekanis 1.5 liter naturally aspirated, 1.5 liter turbo (bensin) dan mesin 1.6 liter turbo diesel.

Liputan6.com, Jakarta - Honda akan menambahkan beberapa varian mesin HR-V. Mulai dari jantung mekanis 1.5 liter naturally aspirated, 1.5 liter turbo (bensin) dan mesin 1.6 liter turbo diesel. 

Ketiga pilihan itu, tersedia buat pasar Eropa di awal 2019. Sayangnya, mereka tak menampilkan spesifikasi mesin 1.5 liter turbo maupun 1.6 turbo diesel. Namun, jika kita berasumsi Honda HR-V terbaru pakai mesin sama persis dengan Civic turbocharged, output-nya bisa ditebak. Maka daya yang terlontar sebesar 169 Tk dan torsi 250 Nm.

Tampaknya sangat mungkin Honda menancapkan HR-V dengan mesin turbo i-VTEC Civic. Meski, kita harus menunggu konfirmasi darinya. Sedangkan untuk 1.6 turbo diesel, ada dua kemungkinan tenaga yang keluar. Pertama dengan tenaga 118 Tk dan torsi 300 Nm. Mirip mesin Euro i-DTEC Civic dan CR-V diesel.

Pilihan kedua mungkin dengan 1.6 liter i-DTEC, bertenaga 157 Tk dan torsi 350 Nm. Bagaimana dengan pasar Indonesia? Bisa saja membawa versi turbo bensin. Meski, dengan kalkulasi yang panjang. Dan yang pasti Honda Indonesia tak tertarik dengan mesin diesel.

Honda meracik ulang mesin i-VTEC HR-V. Kini jantung mekanis mengadopsi 'advanced plateau honing'. Formulasi ini diklaim sanggup menurunkan tingkat gesekan antara piston dan lubang silinder, dengan menciptakan permukaan yang sangat halus. Kemudian timing chain-nya juga dilengkapi lapisan peregangan gesekan baru. Gunanya mengurangi keausan jangka panjang dan meningkatkan efisiensi mesin.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ubahan Eksterior

Sebetulnya tak banyak berubah pada HR-V 2019. Penyegaran eksterior mencakup interpretasi grafis Honda 'Solid Wing Face'. Pada fascia, panel krom sedikit lebih lebar. Bemper depan memiliki asupan udara yang lebih dalam. Lampu depan sekarang pakai proyektor, dengan tambahan lampu daytime running LED yang dirancang ulang sebagai standar. Kaki-kaki HR-V 2019 dipermanis dengan pelek alloy 17 inci baru dan knalpot memiliki finishing krom yang unik.

Sementara interior HR-V tetap seperti sebelumnya. Namun Honda meningkatkan ketenangan interior, dengan menambahkan bahan insulasi yang lebih banyak. Letaknya di sekitar sekat depan dan lengkungan roda, struktur boot, panel pintu depan dan belakang. HR-V anyar juga dilengkapi dengan Active Noise Cancellation (ANC) untuk pertama kalinya. ANC dirancang untuk mengurangi kebisingan frekuensi rendah di kabin. Jadi bisa membuat perjalanan Anda sangat nyaman. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.