Sukses

Antar Jokowi ke Pembukaan Asian Games 2018, Begini Spesifikasi Yamaha FZ1

Satu hal yang menarik dari pembukaan ini, tayangan datangnya Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) menggunakan salah satu motor gede (moge), Yamaha FZ1.

Liputan6.com, Jakarta - Acara pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018), berlangsung meriah. Acara yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat ini sepertinya meninggalkan kesan yang luar biasa bagi para penonton, baik yang melihat langsung ataupun melalui layar kaca.

Satu hal yang menarik dari pembukaan ini, tayangan datangnya Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) menggunakan salah satu motor gede (moge), Yamaha FZ1 milik salah seorang anggota pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

Secara detail, moge pengawal Presiden ini, adalah Yamaha FZ1 Fazer. Kendaraan yang memiliki kemampuan khusus ini, merupakan versi telanjang dari Yamaha R1, dan memiliki tenaga yang cukup dahsyat.

Motor ini sendiri saat bertugas sebagai kendaraan pengawal orang nomor satu di Indonesia tersebut, selalu ditumpangi oleh dua anggota Paspampres. Sebagai motor pengawal, kendaraan ini memang tidak dilengkapi senjata, makanya selalu ada anggota yang membawa senjata api duduk sebagai penumpang.

Nah, berbicara soal Yamaha FZ1, motor berjenis naked ini kabarnya didatangkan secara completly built up (CBU). Sejatinya, moge ini memang bukan motor baru, dan sudah eksis sejak 2010, yang artinya juga digunakan di era presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketika menjalankan fungsinya untuk pengawalan, Yamaha FZ1 ini biasanya berada di sisi kiri dan kanan kendaraan VVIP (Very Very Important Person).

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Yamaha FZ1 Fazer hadir dengan mesin empat silinder berkapasitas 998 cc, DOHC dengan dukungan sistem injeksi. Kuda besi berlogo garputala ini mampu menyemburkan tenaga hingga 150 Tk dan torsi maksimal 106 Nm.

Menyoal efisiensi, motor telanjang yang ditopang dengan mesin besar ini hanya menenggak sekira 6,72 liter untuk menempuh jarak 100 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.