Sukses

Perhatikan 4 Hal Ini agar Kerja Sistem Suspensi Tetap Optimal

Salah satu faktor penentu kenyamanan sebuah kendaraan ada pada sistem suspensinya.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu faktor penentu kenyamanan sebuah kendaraan ada pada sistem suspensinya. Sama seperti komponen lainnya, kesehatan sistem suspensi juga harus diperhatikan.

Setidaknya ada 4 cara untuk membuat suspensi tetap nyaman, seperti dikutip dari laman resmi Nissan Indonesia.

1. Shockbreaker

Komponen ini berfungsi untuk meredam guncangan di saat mobil melaju. Cara kerja komponen ini adalah dengan membantu pegas atau per untuk menopang mobil berikut muatan yang diangkutnya.

Bila sering menahan guncangan dengan beban berlebihan, daya tahan shockbreaker akan berkurang dan lemah. Bila hal itu terjadi, maka mobil akan terasa limbung saat dikendarai terutama saat melaju kencang.

Supaya hal itu tak terjadi, usahakan rajin membersihkan kotoran yang menempel di kisi-kisi karena akan mempercepat keausan piston shockbreaker.

2. Bushing Arm

Komponen ini berupa karet suspensi yang terletak di titik tumpu antara roda dan lengan pencengkeramnya. Bushing bertugas meredam getaran pada sambungan antar komponen suspensi dari logam tersebut.

Kerusakan pada bushing tidak hanya menyebabkan suara berisik tetapi juga mempengaruhi kenyamanan pengendalian mobil.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Tieroad - Balljoint

Tieroad, end tieroad dan balljoint dibuat dari bahan logam yang memiliki fungsi meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda. Sedangkan balljoint berguna untuk menopang knuckle arm.

Pengecekan komponen ini bisa dilakukan di rumah. Caranya, dongkrak roda bagian depan dan mintalah bantuan orang lain untuk menahan kemudi agar roda tidak bergerak, lalu goyang-goyang roda ke arah dalam dan ke luar secara berhantian beberapa kali.

Bila terasa ada guncangan tidak stabil, berarti komponen tersebut bermasalah. Upayakan setiap kali mencuci mobil, semprotlah bagian yang berkaitan dengan peranti tersebut dengan tekanan air tinggi.

4. Lakukan Spooring Balancing

Selain melakukan pencegahan dan perawatan komponen suspensi, satu hal yang juga harus dilakukan adalah melakukan spooring balancing roda mobil. Fungsi spooring dan balancing adalah menjaga kestabilan roda mobil.

Bila roda stabil dan seimbang di keempat bagian maka beban yang harus disanggah oleh komponen suspensi jgua seimbang dan sesuai dengan porsinya. Bila hal itu terjadi, maka kemungkinan komponen bermasalah juga kecil.

Dari empat rahasia itu, kuncinya adalah kurangi kecepatan saat melewati jalan berlubang dan hindari membawa beban yang berlebihan, sekalipun mobilmu adalah mobil baru.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.