Sukses

Jangan Sembarangan Cuci Mobil Mewah, Airnya Khusus

Air yang digunakan untuk mencuci mobil premium terlebih dahulu disaring sehingga kandungan mineralnya diminimalkan. Hal ini dipercaya agar bodi mobil semakin aman setelah pencucian.

Liputan6.com, Jakarta Mobil jenis premium memang terkenal mahal. Namun ternyata mahalnya mobil premium juga berlaku pada cara perawatannya. Tak terkecuali ketika mencuci.

Untuk mencuci mobil premium, ternyata ada prosedur-prosedur tertentu, karena ketika melakukan pencucian menggunakan produk-produk berkualitas.

Seperti dilansir situs resmi Hyundai Indonesia, air yang digunakan untuk mencuci mobil premium terlebih dahulu disaring sehingga kandungan mineralnya diminimalkan. Hal ini dipercaya agar bodi mobil semakin aman setelah pencucian.

Setidaknya, untuk mencuci mobil premium tak bisa di sembarang tempat, dengan kata lain perlu dilakukan secara khusus di premium car wash atau lebih mirip seperti perawatan spesial untuk mobil.

Bahkan ada tempat pencucian mobil khusus premium, proses mencuci mobil tanpa menggunakan spons atau busa, sehingga tidak akan membuat terjadinya goresan-goresan halus pada permukaan bodi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga

Sebaliknya, pencucian menggunakan car shampoo lebih dahulu, lantas didiamkan sekian menit baru disemprot menggunakan air bertekanan tinggi.

Selain itu, saat proses pengerjaan hingga pengeringan biasanya mempunyai cara khusus.

Di Jakarta sendiri, tempat cuci mobil premium salah satunya menggunakan sampo mobil dimana ember untuk menampung air dilengkapi dengan grit guard, sehingga kotoran seperti pasir akan terperangkap di bagian bawah wadah.

Selain itu ada juga proses pengeringan yang menggunakan blower. Hal ini dilakukan agar agar sisa-sisa air pada celah sempit mampu terbuang atau kering sempurna. Sehingga tidak akan meninggalkan noda atau bercak.

Usai mobil kering biasanya dilapisi wax sehingga bagian bodi mobil tetap mengilap. Pelapisan wax difungsikan supaya cat mobil terlindungi dari kotoran serta menjaga lapisan pernis agar tahan lebih lama.

Lantas bagaimana dengan harganya? Jika mencuci mobil di steam biasa berkisar Rp 25-50 ribu, maka untuk mencuci mobil premium setidaknya mencapai Rp 100-200 ribu dengan lama pengerjaan sekitar 30-45 menit.

Di Jakarta, lokasi pencucian mobil premium cukup menjamur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.