Sukses

Baru Beli SUV, Jangan Lakukan Hal-Hal Ini

Bagi Anda yang baru saja membeli SUV, dilarang melakukan hal-hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda baru saja membeli mobil, tentu soal perawatan tak akan luput dari perhatian Anda. Terlebih bagi konsumen yang baru membeli mobil SUV, seperti Nissan Terra yang baru meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 beberapa waktu lalu.

Dikutip dari laman resmi Nissan, Selasa (14/8/2018), ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengguna SUV baru. Apa saja?

1. Sering Berkendara Jarak Pendek

Umumnya, bagi orang yang baru saja memiliki mobil baru akan selalu berkeinginan untuk mengemudikannya kemana saja. Tapi ternyata ini tak dianjurkan. Meski dari segi emosional ini merupakan hal yang wajar, namun jika sering berkendara jangka pendek, membuat mobil Anda bekerja dalam kondisi mesin yang dingin.

Hal ini sangat tidak baik karena biasanya untuk memanaskan mesin dibutuhkan waktu 1-3 menit. Otomatis mobil Anda bekerja dalam suhu yang tidak optimal dan memiliki dampak jangka panjang sehingga membuat mesin menjadi cepat soak. Selain itu, persediaan bahan bakar juga menjadi cepat habis.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menginjak Pedal Gas Terlalu Dalam

Perasaan terlalu bergembira saat mengendarai mobil baru juga terlihat saat menginjak pedal gas terlalu dalam.

Tanpa disadari, ini membuat mobil Anda mencapai level Rotation per Minute (RPM) yang kurang tepat. RPM menjadi acuan bagi Anda untuk memindahkan gigi secara tepat agar bisa mencapai kecepatan maksimum.

Jika perpindahan gigi kurang pas, kecepatan mobil akan terpengaruh. Umumnya, batasan RPM untuk mobil baru haruslah di bawah level 3.500-4.500 dalam 1.000 km pertama.

3 dari 3 halaman

3. Jarang Mengganti Oli

Jarang mengganti oli ternyata kerap menjadi kebiasaan buruk bagi pengguna mobil baru. Ini dikarenakan adanya anggapan bahwa mobil baru memiliki komponen yang masih baru dan terjaga juga.

Mengganti oli secara berkala dapat memperpanjang usia kendaraan Anda karena oli berfungsi sebagai pelumas mesin SUV Anda. Dengan demikian Anda akan merasakan kenyamanan saat berkendara.

4. Mengemudi ugal-ugalan

Sifat pamer yang terlalu berlebihan membuat pengendara mengemudi secara ugal-ugalan. Saat jalan berlubang pengendara kerap menghantam dengan cepat dan keras hingga mempengaruhi keawetan mobil. Disarankan agar berkendara lebih cerdas dan menghindari aggressive driving.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.