Sukses

Cina Berambisi Mendominasi Penjualan Mobil Listrik Global pada 2035

Pada 2035, penjualan mobil tanpa bensin ini diprediksi bakal berkembang pesat, hingga 11,25 juta unit.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil listrik saat ini memang masih belum terlalu masif. Namun, pada 2035, penjualan mobil tanpa bensin ini diprediksi bakal berkembang pesat, hingga 11,25 juta unit.

Menurut sebuah studi dari Fuji Keizai, dari total penjualan mobil listrik secara global tersebut, 60 persen bakal dikuasai Cina. Jika berbicara detailnya, Negeri Tirai Bambu ini bakal mampu menjual sebanyak 6,42 juta unit pada tahun tersebut.

Berbicara wilayahnya, Eropa bakal menjadi pasar terbesar kedua, dengan penjualan 2,17 juta unit mobil listrik, diikuti Amerika Utara dengan 1,36 juta unit, Jepang 450 ribu.

Perkembangan mobil listrik yang cukup pesat di Cina, karena didukung regulasi di negara tersebut. Pemerintah mewajibkan, adanya produksi dan penjualan mobil listrik dan plug-in hybrid dalam jumlah tertentu bagi pabrikan yang berada di negara tersebut.

Dengan regulasi tersebut, tentu saja bakal terciptanya skala industri mobil listrik di negara tersebut. Selain itu, peraturan yang baru akan diterapkan tahun depan ini, juga bakal membawa investasi tambahan ke Cina.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, untuk penjualan mobil plug-in hybrid sendiri bisa mencapai 12,43 juta unit pada 2035. Jumlah ini, meningkat 31 kali lebih besar dibanding tahun sebelumnya, yang hanya 400 ribu unit.

Selain pasar mobil listrik, Cina juga mampu menjadi kontributor di segmen plug-in hybrid, dengan penjualan sebesar 4,65 persen, Eropa 3,81 persen, dan Amerika Utara 2,47 persen, dan tentu saja Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Cina