Sukses

Lexus ES 300h Usung Teknologi Hybrid

Lexus kenalkan teknologi Hybrid Electric Drive dan Eco-Turbo yang diklaim ramah lingkungan dan reliable

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Lexus telah memamerkan The Entirely-New Lexus ES 300h yang disematkan teknologi Hybrid Electric Drive.

Berbekal mesin generasi empat yang dilengkapi dengan "high thermal efficiency", Lexus ES 300h diklaim dapat membuat proses pembakaran menjadi lebih efektif dan efisien. 

Secara umum, Lexus memiliki teknologi yaitu Lexus Hybrid Electric Drive dan Lexus Eco-Turbo Engine. Teknologi ini diyakini bisa menghasilkan semburan performa yang tinggi namun tetap ramah bahan bakar.

Pengisian baterai dapat berlangsung secara otomatis. Contohnya, mobil Lexus mampu mengisi daya ketika pengguna menginjak pedal rem atau dalam kondisi engine brake pada saat jalanan menurun.

Hal ini terjadi karena Lexus menerapkan sistem magnetic pada rem dan engine brake-nya. Magnet-magnet inilah yang mampu menghasilkan tenaga untuk mesin mobil Lexus Hybrid Electric Drive.

Teknologi tersebut menghasilkan sistem pembakaran yang sangat efisien dengan emisi gas buang yang sangat rendah. 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja berharap teknologi yang diciptakan Lexus bisa menginspirasi dunia otomotif secara global.

"Kami ingin menciptakan mobil dengan performa tinggi, adrenalinnya terasa, sekaligus teknologi yang sempurna," papar Adrian.

Menurutnya, mesin turbo memiliki kelemahan, yakni gejala turbo lag. Lexus ingin mengembangkan dan memproduksimesin turbo secara in-house sehingga saat ini dapat memiliki performa tinggi, efisien dan reliable.

"Lexus hanya akan menghadirkan teknologi turbo yang sempurna, yaitu mesin turbo tanpa adanya turbo lag. Meski Lexus harus mengeluarkan investasi besar untuk merealisasikan in house production mesin turbo engine yang sempurna seperti yang di impikan pelanggan, kami tetap melakukannya," katanya.

3 dari 3 halaman

Penyempurnaan Mesin Turbo

Bicara turbo, ada juga New Generation of Lexus Flagship LS500 yang hadir tahun lalu dengan keunggulannya bermesin 3,5l twin turbo yang tidak memiliki turbo lag, yaitu saat pengemudi menginjak pedal gas, maka mesin akan langsung merespon tanpa adanya jeda waktu sedikit pun.

Sistem turbo Lexus inilah yang cukup membedakan dengan mesin-mesin turbo pada umumnya. Adrian mengatakan, mesin turbo yang disematkan untuk sedan flagship LS 500 diproduksi dan dikembangkan Lexus secara mandiri.  

"Keberhasilan Lexus mengembangkan teknologi Mesin Turbo tanpa turbo lag mampu mengubah paradigma orang mengenai hal yang sebelumnya dianggap impossible menjadi possible," kata Adrian.

Seluruh mobil Lexus memiliki hasil uji emisi minimal Euro4 (standar pemerintah Indonesia), bahkan Lexus memiliki hasil uji emisi Euro5 dan Euro6 di beberapa mobilnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.