Sukses

Gara-Gara Ini, Ribuan Moge Yamaha Kena Recall

Liputan6.com, New York - Yamaha melakukan kampanyer recall untuk dua mogenya di Amerika Serikat. Motor yang terkena adalah Yamaha MT-07 dan Yamaha XSR-700. Keduanya harus kembali ke pabrik lantaran komponen sepele, chain-guard atau pelindung rantai.

Mengutip dari Motorcycle.com, setidaknya ada 3.493 unit di negeri Paman Sam yang terkena recall. Untungnya, Yamaha FZ-07, generasi terdahulu dari Yamaha MT-07 tidak terkena kasus yang sama meski memiliki desain swingarm serupa.

Menurut sumber yang sama, National Highway Traffic Safety Administration menyatakan bahwa baut yang menahan chain-guard dapat kendur dengan sendirinya karena terkena getaran, terlebih ketika melibas jalanan rusak. Bahkan, baut tersebut bisa terlepas sehingga chain-guard berpotensi merusak rantai.

Terkait hal tersebut, Yamaha Motor Corp. USA sudah diperingatkan oleh induknya di Jepang pada 9 Juli 2018 lalu. Permasalahan ini pertama kali diketahui saat dilakukan quality control dan percobaan pada beberapa model yang didatangkan langsung dari Jepang.

Dengan demikian, pihak pabrikan akan mengganti chain-guard dan melakukan perbaikan pada swing-arm pada beberapa model yang terkena recall.

Sumber : Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Fitur Canggih Honda Forza yang Tak Dimiliki Yamaha XMax

Yamaha XMax sepertinya tak bisa lagi merajai segmen matik bongsor 250cc di Indonesia. Pasalnya, Honda Forza meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.  

Harga Forza ada di kisaran Rp 70 jutaan. Bandingkan XMax yang cuma Rp 57,8 juta (OTR Jakarta). Dengan banderol yang lebih mahal, ternyata Forza punya sejumlah keunggulan. Apa saja? Simak bahasan berikut:

1. Alarm

Keduanya dilengkapi teknologi keyless dan remote pintar. Di remote itu juga terintegrasi fitur answer back system, berguna memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Menariknya, Forza 250 punya fitur tambahan, anti theft alarm. Alarm ini sangat penting dalam mencegah maling. XMax belum dilengkapi fitur ini.

 

2. Windshield Elektrik

Forza 250 lebih istimewa lantaran punya windshield elektrik yang bisa diatur ketinggiannya hanya dengan menekan tombol. Posisi tinggi dipakai bila Anda menginginkan terpaan angin yang minimal ke tubuh, saat berkendara santai. Sementara posisi windshield rendah cocok untuk meningkatkan aerodinamika ketika ingin berakselerasi maksimal. Windshield Xmax juga bisa diatur ketinggiannya, namun harus manual karena belum elektrik.

 3. Tampak Mewah

Gaya memang soal selera, namun kami punya keyakinan Honda Forza 250 punya tampang lebih mewah dibanding XMax. Salah satu yang membuatnya begitu karena desain jok yang menggunakan warna two tone. Kemudian, knalpot ditambahkan kombinasi elemen krom. Tidak ketinggalan lampu sein LED terintegrasi di spion, juga menjadikannya semakin mentereng. Berbeda dengan XMax yang lebih banyak dicat hitam, sehingga aura sportif sangat kental dibanding mewah.

4. Dimensi Kompak

Walau Forza masuk kelas skutik bongsor, namun dimensinya lebih kompak dari Xmax. Setidaknya itu yang tampak dari spesifikasi di atas kertas. Forza memiliki panjang 2.142 mm, lebar 754 mm dan tinggi 1.472 mm. Bandingkan XMax yang memiliki panjang 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm. Dengan dimensi tersebut, harusnya skutik Honda lebih asyik dipakai selap-selip di kemacetan jalan.

5. Jok Rendah

Kelebihan lain, Forza 250 punya jok yang lebih rendah sekitar 15 mm. Ini membuat pengendara semakin percaya diri ketika menunggang motor di kemacetan. Setidaknya, bagi pemilik tinggi 168 cm seperti saya, kaki tidak jinjit berlebihan saat harus menjejak aspal. 

Sumber: Oto.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.