Sukses

Adu Matik Termurah Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Mitsubishi baru saja meluncurkan Xpander GLS AT yang menjadi varian termurah Xpander bertransmisi otomatis. Tentu lawannya adalah Suzuki Ertiga GL yang diluncurkan pada IIMS 2018 lalu. Mana yang lebih menguntungkan?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap mobil baru pasti diluncurkan dalam beberapa varian, sehingga range harganya akan beragam. Kali ini Mitsubishi baru saja meluncurkan Xpander GLS AT yang menjadi varian termurah Xpander bertransmisi otomatis. Tentu lawannya adalah Suzuki Ertiga GL AT yang diluncurkan pada IIMS 2018 lalu. Mana yang lebih menguntungkan? 

Pertama dari harga, Xpander GLS AT ditawarkan Rp 228,6 juta sedang Ertiga GL AT Rp 222 juta. Dari soal harga, jelas Ertiga lebih murah. Tapi itu belum melihat nilai dengan menyertakan fitur dan kelengkapan yang dibawa keduanya. Pasalnya, baik Xpander GLS dan Ertiga GL merupakan varian tengah-bawah. Jadi pasti banyak fitur yang absen dari varian atas.

Misal, Ertiga GL belum punya lampu kabut, tersedia opsional dan minim krom pada eksterior. Xpander GLS punya lampu kabut dan sedikit lebih mewah kelengkapan desainnya. Begitu juga dengan interior, Ertiga GL tidak dilengkapi aksen kayu seperti pada varian atas. Dasbor dan trim jadi terasa sangat sederhana. Xpander GLS juga mirip, lebih sederhana ketimbang varian atas.

Masih di kabin, Xpander GLS dan Ertiga GL juga punya head unit audio 2DIN yang bisa dihubungkan dengan Bluetooth dan USB. Tombol audio pada palang kemudi harus absen di kedua mobil. Xpander unggul dengan pengaturan kemudi tilt dan telescopic, sedangkan Ertiga hanya tilt saja. Keduanya sama-sama masih menggunakan anak kunci, belum keyless untuk mengoperasikan kendaraan.

Soal performa tak ada perbedaannya dengan varian lain, dan kami pernah membandingkannya. Hasilnya Xpander punya torsi sedikit lebih besar ketimbang Ertiga. Dimensi juga sama, Xpander lebih besar dan kabinnya lebih lapang, serta punya ground clearance lebih tinggi. Fitur safety, baik Mitsubishi Xpander GLS dan Ertiga GL ada pemangkasan fitur agar menekan harga. Tapi masing-masing sudah dibekali dua kantung udara dan rem dengan ABS + EBD. Sedang kendali traksi dan stabilitas, hill start assist, kamera parkir mundur, Immobilizer dan sejumlah fitur lain tidak disertakan oleh manufaktur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Jadi harus pilih mana? Kembali lagi lihat kebutuhan dan dana. Ertiga GL AT punya alasan dari banderol lebih murah. Karena kelengkapannya memang masih di bawah Xpander GLS AT. Kalau cuma mengincar transmisi otomatis, Ertiga GL AT yang lebih murah bisa jadi pilihan. Kalau nilai penampilan, kelapangan kabin juga jadi pertimbangan, Xpander GLS AT pilihannya. 

Sumber : Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.