Sukses

Wuling SUV Tahun Depan Meluncur, Siapa Saja yang Terancam?

Wuling Motors terlihat akan mulai menyasar pasar SUV dengan membawa SUV andalan mereka, Wuling SUV atau versi Wuling dari Baojun 530.

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Motors terlihat akan mulai menyasar pasar SUV dengan membawa SUV andalan mereka, Wuling SUV atau versi Wuling dari Baojun 530. Keberadaannya hanya untuk tes pasar, sehingga pihak APM belum menerima pesanan.

Jika tak ada ubahan rencana, maka SUV ganteng itu dirilis tahun depan. Sebelum mulai menabung untuk membeli, ada baiknya membandingkan kembali dengan kompetitor yang sudah ada di pasaran. Sanggupkah Wuling SUV menjadi ancaman baru di segmen SUV? Berikut komparasi singkatnya.

Performa

Karena mengambil basis Baojun 530, Wuling SUV dipastikan menggunakan mesin 4-silinder 1,5 liter turbo. Sama seperti mesin modern lain, teknologi katup variabel juga sudah dianut, namanya DVVT. Tenaga yang mampu diproduksi 147 Tk di putaran 5.500 rpm dan torsi 230 Nm di 2.000 – 3.000 rpm. Kabarnya, SUV ini hanya disajikan dalam satu pilihan transmisi, CVT yang menjanjikan kehalusan berkendara. Sayang, padahal mereka punya pilihan transmisi manual hingga DCT (Dual Clutch Transmission).

Performa Wuling SUV memang masih di bawah kompetitor merek Cina yang sudah lebih dulu meluncur, DFSK Glory 580. Mesin 1,5 turbonya bisa menghasilkan tenaga yang sedikit lebih tinggi, yakni 149,5 Tk. Bahkan DFSK masih menghadirkan transmisi manual juga otomatis CVT.

Nissan X-Trail, sebagai SUV yang paling uzur desainnya di antara model lainnya, masih menggunakan mesin naturally aspirated alias tanpa turbo. Unitnya ada yang 2,0 liter dan 2,5 liter. Semuanya berbahan bakar bensin. Unit dengan kapasitas terbesar, mampu memproduksi tenaga hingga 171 Tk. Mesin ini hanya tersedia dalam pengolah daya CVT.

Dengan mesin kapasitas sama, 1,5 liter, Honda CR-V memiliki tenaga yang paling besar,190 Tk bisa dihasilkan dari unit 4-silindernya. Turbocharger tentu jadi perangkat wajib yang dibutuhkan untuk menghasilkan daya sebesar itu, dari mesin dengan kapasitas yang terbilang mungil.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Angkut

Honda CR-V, Nissan X-Trail, dan DFSK Glory 580 mampu mengangkut 7 penumpang di kabinnya. Masing-masing memiliki keunggulan konfigurasi yang unik, agar mampu memberikan kenyamanan pada tiap penumpangnya.

Seluruh SUV yang kami sebut di atas, menganut platform monokok atau unibody. Wuling SUV sepertinya menganut sistem sama, namun entah mengapa, kapasitas angkutnya hanya 5 penumpang. Padahal jika melihat ruang belakang SUV itu, masih bisa dihadirkan kursi dua buah untuk penumpang. Mungkin tidak orang dewasa, melainkan anak kecil. Namun itu sudah merupakan nilai plus.

Sumber : Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.