Sukses

Lihat Kecanggihan Sedan Mewah untuk Kaum Tajir di Indonesia

Sedan mewah asal Jerman yang dibanderol mencapai Rp 2,95 miliar ini hadir bertepatan dengan perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, yang berlangsung ICE, BSD, Tangerang Selatan yang digelar 2-12 Agustus 2018.

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Mataram Motor, selaku agen pemegang merek Audi di Indonesia kembali meluncurkan mainan baru khususnya bagi para kaum tajir di Tanah Air, yaitu new Audi A8 L.

Sedan mewah asal Jerman yang dibanderol mencapai Rp 2,95 miliar ini hadir bertepatan dengan perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, yang berlangsung ICE, BSD, Tangerang Selatan yang digelar 2-12 Agustus 2018.

Beragam ubahan disebutkan telah dialami sedan mewah generasi ke-4 tersebut, mulai dari eksterior, interior, hingga sistem hiburan dan penerepan teknologi mild hybrid.

Mau tahu bagaiamana wujud model terbaru Audi A8 L, berikut ulasannya.

Eksterior

Secara desain Audi A8 L, garis-garis pada bodi mobil ini jelas terasa. Mereka mengklaim, desain baru sebagai era baru desain mobil-mobil Audi di masa mendatang.

Selain itu, pada bagian singleframe grille di bagian depan dibuat lebih tegas, dengan lekukan tubuh berotot.

New Audi A8 L, memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) lebih panjang 13 cm dari A8 standar, serta panjang total mencapai 5,3 meter, lebar 1,95 meter dan tinggi 1,49 meter.

Tampilan yang lebih mewah ini juga terlihat berkat penggunaan lampu utama HD Matrix LED, serta lampu LED light strip pada bagian lampu belakang. Lampu sein baik di depan maupun belakang telah menggunakan dynamic indicator.

 

 

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Interior

Karena dimensi dan wheelbase besar, new Audi A8 L memiliki kabin lapang yang memberikan kenyamanan.

Menariknya,  panel instrumen di dashboard kini memiliki sedikit tombol dan tuas. Hal ini pula didukung layar sentuh 10,1 inci yang tampil tersamar berkat warna panel gelap yang memiliki nuansa serupa dengan aksen high gloss black bezel di dashboard.

Layar TFT  berukuran 1.540 x 720 pixels menyuguhkan gambar yang sangat  tajam dari berbagai sudut.

Struktur menu yang tersedia juga semakin intuitif seperti ponsel pintar modern. Begitu juga untuk pengaturan AC, yang menggunakan layar sentuh berukuran 8,6 inci di konsol tengah termasuk untuk input teks.

Teknologi respon sentuhan MMI Audi kini telah disempurnakan dengan feedback berupa getaran dan suara sehingga menjadikan proses pemilihan menu semakin intuitif dan mudah digunakan.

Audi Virtual Cockpit

Menggunakan layar full HD dengan resolusi 1,920 x 720 pixels dan NVIDIA K1 chip dan head-up display terintegrasi dengan MMI touch response yang dioperasikan lebih praktis dan mudah.

Sistem kendali suara (voice control) yang kini lebih natural menjadikan A8 layaknya rekan bicara yang pintar. Sistem ini mampu mengerti banyak ekspresi dari penggunaan bahasa sehari-hari dan dapat menjawab berbagai perintah serta pertanyaan-pertanyaan.

Pengemudi dapat dengan mudah melakukan formulasi perintah yang diucapkan agar dapat dimengerti oleh sistem pengenal suara.

Jika diperlukan, pengaturan dialog yang pintar dapat bertanya, melakukan koreksi, memberikan saran yang lebih tepat bahkan dapat menerima masukan pengguna untuk menginterupsi sistem.

Dialog yang dilakukan dengan sistem kendali suara ini, pengemudi dapat mengubah antara berbagai area menu yang berbeda. Sebagai contoh, ia dapat menelepon salah satu kontak di buku telepon dan kemudian langsung menggunakan alamat yang tersedia di data tersebut sebagai tujuan dalam sistem navigasi.

Sistem kendali suara hybrid terbaru juga terkoneksi dengan media, sistem penyejuk kabin, fungsi telepon, dan beberapa layanan Audi yang tersedia. Setir multifungsi dan layar head-up melengkapi konsep operasi terbaru di new A8 L ini.

Sistem audio pada new A8 L menggunakan Bang & Olufsen Premium Sound System yang juga mampu menghasilkan suara 3D di bagian penumpang di bangku depan dan belakang.

Penumpang belakang juga dimanjakan dengan kursi dengan bagian sandaran kepala yang nyaman dan dapat diatur, lampu suasana kabin, lampu baca Matrix LED serta pemanas kursi.

 

3 dari 3 halaman

Mesin dan Chassis

New Audi A8 L hadir dalam dua pilihan mesin V6 Turbo yang telah dikembangkan yaitu 3.0 TDI dan 3.0 TFSI.

Di Indonesia, hadir pula pilihan mesin berbahan bakar bensin V6 Turbo 3.0 TFSI yang menyemburkan daya 340 Tk. Tenaga tersebut diteruskan ke sistem penggerak empat roda permanen quattro melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic.  

Untuk Audi A8 tipe standar juga telah dilengkapi dengan teknologi Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV), sehingga menjadikan A8 mampu untuk berjalan konstan di kecepatan antara 55 – 160 km/jam dengan mesin mati dan hanya dengan menginjak pedal gas, mesin dapat dinyalakan kembali dengan proses lebih halus.

Teknologi ini juga memiliki fungsi start/stop dan sistem penyimpanan energi hingga 12 kW yang menjadikan Audi A8 dapat menghemat bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

Dikembangkan sesuai dengan prinsip Audi Space Frame (ASF), chassis yang digunakan A8 L memiliki 58 persen komponen aluminium. Kompartemen penumpang dibuat dari komponen baja ultra-high-strength dan dinding belakang yang dibuat dari carbon-fibre reinforced polymer (CFRP).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.