Sukses

Motor Tanpa Kick Starter Akinya Lemah, Begini Menyalakannya

Motor-motor keluaran terbaru banyak yang tidak dilengkapi kick-starter. Seperti Honda Vario 150, Kawasaki W175, Yamaha Nmax, dan Honda PCX, hanya bisa dinyalakan dengan electric-starter.

Liputan6.com, Jakarta - Motor-motor keluaran terbaru banyak yang tidak dilengkapi kick-starter. Seperti Honda Vario 150, Kawasaki W175, Yamaha Nmax, dan Honda PCX, hanya bisa dinyalakan dengan electric-starter.

Hal ini akhirnya menimbulkan pertanyaan, seandainya motor tidak mau menyala, bisa jadi karena aki, solusinya bagaimana?

"Kalau motor tanpa kick-starter mogok, solusinya hanya satu, kayak mobil, jumper," ujar Amar, pemilik AHASS Asia Motor, di acara Vario Goes to Campus Sabtu, 4 Agustus 2018 lalu, di Cafe Legend, Malang.

Jumper aki sebenarnya cukup lumrah untuk mengatasi mobil mogok akibat aki bermasalah. Caranya ialah menghubungkan aki yang rusak dengan aki sehat menggunakan kabel. Mudahnya, kabel menghubungkan sesama kutub positif aki dan negatifnya.

Jika cara tersebut tidak bisa, solusinya hanyalah menyetrum ulang atau bahkan mengganti aki yang bermasalah tersebut.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebenarnya, ada solusi lain, dengan menggunakan engine-brake. Artinya, motor didorong terlebih dahulu sampai melaju cukup kencang, kemudian dimasukkan ke gear-2. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan pada motor matic. Pasalnya, pada skutik, menurut Amar, engine-brake baru bisa berfungsi ketika putaran mesin berada di atas 2.000 rpm.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.