Sukses

Sebelum Jokowi, Paspampres Pastikan AMMDes Aman

Sebelum dites oleh orang nomor satu Indonesia itu, Paspampres lebih dulu mastikan kendaraan itu dalam keadaan aman.

Liputan6.com, Jakarta Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 (GIIAS 2018) menjadi saksi peluncuran Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes). Usai peluncuran kendaraan niaga multiguna ini dicoba langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sebelum dites oleh orang nomor satu Indonesia itu, Paspampres lebih dulu mastikan kendaraan itu dalam keadaan aman. Pantauan Liputan6.com, Paspampres yang mencoba AMMDes nampak beradaptasi dengan mudah. Ia dengan mudah mengoperasikan mobil dengan mesin 650cc tersebut.

"Gampang, kayak naik mobil biasa. Kalau bisa nyetir mobil pasti bisa," kata Paspampres saat ditanya Liputan6.com di area outdoor Hall 3, ICE BSD, Tangerang, Kamis (2/8/2018).

Sebagai informasi, AMMDes yang bakal dikendarai Jokowi merupakan kendaraan untuk aplikasi pemutih padi. Mobil berkelir putih itu dilengkapi mesin 650cc dengan 3 transmisi maju dan satu mundur.

Mobil yang mampu menampung dua orang ini memiliki dimensi panjang 358 cm, lebar 137 cm, dan tinggi 190 cm. Kabarnya, mobil ini dibanderol Rp 70 jutaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi 'Mencoba' Mobil Pedesaan: Nyaman Sekali

Setelah resmi membuka gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, langsung berkunjung ke booth mobil pedesaan, AMMDes. Saat mengujungi booth yang terletak di hall 3, ICE, BSD, Tangerang Selatan ini, Presiden didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi, dan Sukiyat Pemilik Kiat Motor.

Selain melihat mobil yang bakal diperuntukan untuk mengangkut alat pertanian, pria yang akrab disapa Jokowi ini juga duduk dan merasakan kabin di dalam mobil tersebut.

 

"Kalau duduk merasa nyaman sekali," ucap Jokowi saat mencoba duduk di bangku penumpang mobil yang juga baru diresmikan oleh dirinya, Kamis (2/8/2018).

Setelah mengunjungi booth AMMDes, Jokowi juga sempat menaiki bus yang dibuat oleh beberapa karoseri yang menempati hall tersebut, salah satunya Laksana.

Untuk diketahui, pembentukan AMMDes ini sebelumnya dipelopori oleh PT Astra Otoparts Tbk melalui dua anak perusahaannya, PT Velasto Indonesia dan PT Ardendi Jaya Sentosa. Kedua anak usaha itu menandatangani nota kesepahaman dengan PT Kiat Inovasi Indonesia lewat konsep perusahaan patungan, sehingga terbentuk PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD).

Mobil pedesaan ini disebut memiliki dimensi panjang 341 cm, lebar 134 cm dan tinggi 194 cm, serta beratnya mencapai 800 kg. Daya angkut maksimum 700 kg pada jalan mendatar dan 500 kg pada jalan mendaki.

Sasis mobil ini memiliki radius putar hingga 4,0 meter dan jarak sumbu roda 190 cm dan kapasitas tangki bahan bakar 9,0 liter. Untuk jantung penggeraknya, AMMDes dipersenjatai dengan mesin Diesel. Unit tersebut mampu menghembuskan daya hingga 14 Tk atau berkapasitas 500-550 cc. Sedangkan untuk mesin bensinya, juga memiliki kapasitas yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.