7 Supercar Andalan Polisi di Dunia, Apa Saja?

Oleh Liputan6.com pada 31 Jul 2018, 06:02 WIB
Bugatti Veyron

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai supercar menjadi ujung tombak kepolisian di dunia. Kelihatannya seperti tindakan pemborosan. Namun nyatanya, banyak penjahat saat ini sanggup melesat secepat kilat untuk menghindari penangkapan. Adalah alasan logis bagi polisi mendapatkan mobil mahal atas nama ‘Justice’.

Nah, berikut tujuh kendaraan super yang dipakai kepolisian dunia:

1. Polisi Dubai - Bugatti Veyron: US$ 4 juta

Dubai memamerkan armada supercar milik polisi, Bugatti Veyron yang sanggup melesat 408 km/jam. Mesin yang haus bahan bakar ini, berkapasitas 8.0 liter dengan tenaga 1.200 hp. Bahkan torsinya pun tak kalah kuat, 1.500 Nm. Polisi Dubai menampilkan sebagai armada dan juga sebagai ornamen yang menunjukkan identitas kekayaan Dubai.

Ikan di Laut Terjebak dalam Kantong Plastik

Tutup Video
2 of 5

2. Polisi Jerman - Mercedes CLS US$ 580,000

Mercedes CLS
Polisi Jerman - Mercedes CLS US$ 580,000 (Autoblog)

Jerman adalah rumah bagi sederet produsen mobil terbaik dunia. Jadi tak mengherankan jika melihat mobil mahal yang ditunggangi polisi, untuk mengejar penjahat dan berpatroli di jalan. Sebut saja speedster yang paling berharga seperti Mercedes Benz Brabus Rocket CLS. Sedan ini menggendong mesin besar 6.3L V12 Biturbo. Output jantung mekanisnya mencapai 800 hp dan sanggup melesatkan mobil hingga kecepatan tertinggi 367 km/jam.

3 of 5

3. Polisi Italia- Lamborghini Huracan US$ 428,000

Polisi Italia- Lamborghini Huracan US$ 428,000
Polisi Italia- Lamborghini Huracan US$ 428,000 (Istimewa)

Wajar saja jika polisi Italia mengggunakan Huracan. Italia sangat terkenal dengan produsen mobil eksotis seperti Lamborghini. Kepolisian Bologna memakai Huracan untuk berpatroli dan berkeliling di dalam kota. Jujur kami pun sempat melihatnya langsung.

Tak hanya di kota, untuk sekadar berpatroli di Bandara Bologna saja mereka pakai Huracan berkelir orange. Sudah menjadi hal yang wajar bagi warga sana mendengar raungan mesin itu di kota. Bahkan saat Anda turun dari pesawat di Bologna, raungan mesin V10 5.2 liter (610 dk dan torsi 560 Nm) bisa Anda dengar.

4. Polisi Inggris – Lamborghini Murcielago US$ 400,000

Meski Inggris memiliki pabrikan supercar tersendiri, namun Polisi Inggris nyatanya memakai kendaraan besutan Italia. Inilah Lamborghini Murcielago yang identik dengan kecepatan, kekuatan dan bodi aerodinamisnya. Meski bukan barang baru lagi, tapi harga kendaraan ini cukup fantastis. Tenaganya pun sangat kuat. Di bawah bonet bersemayam mesin V12 6.5 liter dengan dorongan 661 hp dan torsi 660 Nm. Konon Murcielago hanya diproduksi sebanya 350 unit, menjadikan supecar ini sangat spesial.

5. Polisi Qatar - Porsche Panamera: US$110,000

Ada alasan menarik kenapa polisi Qatar memakai Porsche. Konon pemerintah Qatar itu pemegang saham Porsche, sehingga penggunaannya untuk kepentingan negara bukan menjadi masalah. Mereka menggunakan sedan Porsche Panamera untuk berpatroli. Panamera pakai mesin 4.8 liter V8 yang mengembuskan tenaga 562 dk. Tak hanya Panamera, Porsche Cayenne pun menjadi salah satu kendaraan dinas di jajaran armada mereka. Namun kepolisian Qatar menganggap belum cukup. Qatar juga memiliki motor BMW dan Toyota Land Cruiser V8 untuk berpatroli di jalan.

4 of 5

6. Polisi Abu Dhabi – Nissan GT-R US$100,000

6. Polisi Abu Dhabi – Nissan GT-R US$100,000
6. Polisi Abu Dhabi – Nissan GT-R US$100,000 (istimewa)

Nissan GT-R alias Godzilla, jadi salah satu mobil polisi Abu Dhabi. Awalnya kendaraan bikinan Jepang ini menjadi ajang promosi dan pajangan saja. Namun dengan segala potensinya, aparat penegak hukum akhirnya memakainya. Mereka mengerahkan Nissan GT-R, baik sebagai kendaraan pengejar maupun mobil untuk operasi penyamaran. Jika situasi penting memanggilnya, Nissan GT-R lebih dari cukup mengeluarkan lecutan dayanya. Meski mesin hanya berkapasitas 3.8 liter, tapi dorongan turbo membuatnya bertenaga 565 hp. Bahkan kecepatan puncak tembus 350 km/jam.

7. Polisi Australia – Lotus Exige 430 US$ 92,000

Kecepatan hal utama untuk melakukan pengejaran. Di Australia dan Inggris, Lotus Exige Cuiser memberi dukungan. Mobil ini dibangun dengan mesin 3.5 liter V6 berdaya 430 hp dan sanggup melesat hingga kecepatan tertinggi 290 km/Jam. Dikabarkan, petugas polisi yang ditugaskan untuk mengendarai Lotus Exige bukanlah orang sembarangan. Mereka disaring dari ratusan peserta dan melewati seleksi sulit dan pelatihan ekstrem selama beberapa bulan.

Sumber : Oto.com

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait