Sukses

Plus Minus Biodiesel di Mata Pengusaha Transportasi

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia menolak rencana pemerintah terkait penggunaan biodiesel B30. Ada beberapa kekurangannya yang dijabarkan

Liputan6.com, Jakarta - Program mandatory biodiesel 20 persen (B20) yang sekarang sudah dijalankan akan ditingkatkan menjadi biodiesel 30 persen (B30). Rencananya, penggunaan B30 akan dipercepat pada 2019 di mana sebelumnya, program tersebut akan diberlakukan pada 2020.

Terkait itu, Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia atau Aptrindo menyatakan menolak implementasi biodiesel campuran solar dengan minyak kelapa sawit 30 persen tersebut. Menurut Wakil Ketua Aptrindo Bidang Distribusi dan Logistik, Kyatmaja Lookman, ada beberapa kelemahan B30 yang semestinya dibahas lebih dalam oleh pemerintah.

"Ini akan lebih boros. Sekitar 3 persenan, itu pun B20. B30 pasti lebih boros. Kedua, maintenance di kendaraan. Misalnya dengan pakai biosolar, kita harus menambahkan komponen-komponen lagi di mesin-mesin yang sudah kita punya," kata Kyat, saat ditemui di bilangan Menteng, Rabu (25/7/2018).

Ia mengatakan dengan adanya pencampuran kelapa sawit sebesar 30 persen dengan solar, perusahan kelapa sawit akan lebih diuntungkan. Sedangkan pengusaha truk akan lebih banyak menelan kerugian.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Perusahaan CPO pasti lebih meningkat penggunaannya, jadi lebih happy. Pemerintah lebih bisa menghemat anggaran. Tapi kalau dari sisi pengusaha truk. Kita akan merasakan dampak langsungnya yakni pemborosan BBM dan maintenance," kata dia.

Kyat menambahkan, implementasi B20 hingga kini masih belum diketahui hasilnya. Sementara, ada sekitar 6 juta kendaraan truk di Indonesia. Ia berharap adanya mitigasi terkait kekurangan B30.

"Konsumsi biosolar paling banyak itu truk. Jangan seakan-akan menguntungkan pihak tertentu tapi merugikan pihak yang lain. Misalnya saya garis bawahi. Kalau petani sawit 7 juta, kita juga 6 juta truk, sopirnya bisa lebih dari itu," katanya.

"Otomotif juga bisa diuntungkan, misalnya dengan meng-upgrade kendaraan," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami yang terbarukan, seperti minyak nabati dan hewani.

    Biodiesel

  • B30