Mobil Listrik Tercepat Sejagat (Bagian 2)

Oleh Herdi Muhardi pada 23 Jul 2018, 09:09 WIB
Rimac Concept One

Liputan6.com, Jakarta Volume mobil listrik memang belum sebanyak mobil konvensional yang menggunakan mesin bensin maupun diesel. Akan tetapi, pengembangan mobil listrik saat ini tergolong cepat dan modern.

Tak hanya itu, sebelumnya kami telah membahas lima mobil listrik yang tergolong sangat cepat sejagat. Bisa lihat di artikel di sini.

 

Namun demikian masih ada lagi lima mobil listrik yang tak kalah cepat seperti dirangkum situs carsfellow.com, yaitu sebagai berikut.

6. Rimac Concept S

Kroasia boleh saja kalah dalam piala Dunia 2018 lalu yang digelar di Rusia. Namun demikian, untuk urusan otomotif, Kroasia tak bisa dipandang sebelah mata. Sebab dia juga cukup membanggakan lantaran memiliki mobil listrik yang sangat cepat, yaitu Rimac Concept S.

Mobil ini dilengkapi baterai 82 kWh yang sanggup menghasilkan daya 1.088 Tk dan torsi 1.600 Nm, serta mampu melaju hingga 500 kilometer.

Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim sanggup berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 2,8 detik dan melesat hingga 305 km/jam.

 

2 of 5

7. Nio EP9

Nio EP9
Nio EP9 pecahkan rekor baru di sirkuit Nurbugring, Jerman, dengan torehan 6:45.9. (Carbuzz)

Mobil listrik tercepat asal Tiongkok Nio EP9 pernah melakukan pengujian di sirkuit Nordschleife, Nürburgring, Jerman dan Sirkuit Paul Ricard, Prancis.

Kedua pengujian ini memiliki hasil yang memuaskan. Mobil ini melahap lintasan sepanjang 20,8 kilometer dalam waktu tujuh menit 5,12 detik. Dalam pengetesan kedua mencatatkan waktu satu menit dan 52,78 detik, dengan panjang lintasan 5,8 km.

Mobil ini dikliam mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,7 detik dan kecepatan tertinggi hingga 312 km/jam.

 

3 of 5

8. Aspark Owl

Supercar Listrik Aspark Owl
Supercar listrik Aspark Owl (Jalopnik)

Toyota, Honda, Lexus dan masih banyak lainnya, jadi merek otomotif ternama asal Jepang. Namun perlu diketahui negeri para Samurai itu juga memiliki perusahaan listik yang berhasil membuat mobil listrik tercepat yang disebut Aspark Owl.

Mobil ini dianggap telah mematahkan beberapa rekor mobil bermesin bensin, salah satunya Bugatti Chiron dan Lamborghini Aventador

Aspark Owl memiliki tenaga 430 Tk, torsi puncak 763 Nm. Dengan bobot kurang dari 860 kg, mobil ini diklaim mampu berakselarasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 1,9 detik.

 

4 of 5

9. Vanda Dendrobium

Sempat dipajang di acara Geneva Motor Show, Maret 2017 lalu, hypercar berteknologi listrik asal Singapura, Vanda Dendrobium disebut memiliki tenaga sangat besar berkat teknologi listrik.

Vanda Dendrobium sendiri belum mombocorkan detail bagaimana jantung pacunya. Namun mobil yang akan dibuat di Inggris ini diklaim berdaya 1.800 Tk dan torsi 1.475 lb-ft.

Mobil berbobot 1.750 kg ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,7 detik dan dapat melesat dengan kecepatan tinggi hingga 320 km/jam.

 

5 of 5

10. Techrules Ren

Techrules Ren
Techrules Ren. (alvolante.it)

Mobil buatan produsen otomotif asal Cina, Techrules, pertama kalinya memamerkan mobil listrik Techrules Ren di pameran Geneva Motor Show beberapa waktu lalu.

Mobil ini menawarkan tiga pilihan konfigurasi, yakni dua, empat dan enam motor listrik dengan Turbine-Recharging Electric Vehicle (TREV).

Dengan konfigurasi tersebut kekuatan yang dikeluarkan mencapai 1.287 Tk dan diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik dan kecepatan tertinggi 320 km/jam.

Lanjutkan Membaca ↓