MPV Mewah dengan Kapasitas Lebih dari 7 Penumpang, Apa Saja?

Oleh Herdi Muhardi pada 23 Jul 2018, 12:12 WIB
Diperbarui 23 Jul 2018, 12:12 WIB
KIA Grand Sedona Diesel

Liputan6.com, Jakarta - Mobil di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi incaran konsumen di Tanah Air. Namun sejatinya, di Indonesia MPV terbagi dalam tiga jenis, yaitu low MPV, Medium MPV dan Upper MPV.

Berdasarkan informasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), untuk segmen Low MPV artinya mobil MPV ini mengusung mesin 1.5 liter atau kurang dari 1.5 liter.

Harga mobil Low MPV juga tergolong lebih terjangkau, biasanya rata-rata kurang dari Rp 250 juta. Untuk segmen Medium MPV, biasanya mobil ini memilki mesin dengan kapasitas 1.5 liter sampai 2.5 liter. Sedangkan untuk segmen ini biasanya harganya kurang dari Rp 500 juta.

Sedangkan segmen Upper MPV sendiri artinya mobil MPV ini telah dibenamkan mesin di atas 2.0 liter dan memiliki beragam fitur-fitur canggih dan mewah.

Harganya pun untuk segmen Upper MPV cukup tinggi, yaitu lebih dari Rp 500 jutaan.

Nah untuk kali ini, Liputan6.com akan sediikit mengulas mobil-mobil MPV berkapasitas lebih dari tujuh penumpang namun masih tergolong mewah.

2 dari 4 halaman

Daftar Mobil MPV Kapasitas Lebih 7 Penumpang

Hyundai H-1
Hyundai H-1 (Hyundai)

1. KIA Grand Sedona

Mobil asal Korea Selatan ini memiliki beragam fitur canggih, menariknya kapasitas mobil tersebut 7++. Bahkan mereka menyatakan KIA Grand Sedona mampu menampung 11 penumpang.

Soal harga, KIA Grand Sedona ini dijual mulai dari Rp 503 juta untuk tipe AT, Rp 561 juta untuk tipe Ultimate, dan Rp 595 juta untuk versi mesin diesel.

2. Hyundai H-1

Masih dari Korea Selatan, Hyundai H-1 masuk dalam daftar mobil MPV mewah. Mobil ini juga tak kalah luas, karena untuk pasar di Indonesia memiliki beberapa varian yakni XG, Elegance dan Royale. Sedangkan kapasitas penumpangnya mulai dari 9-12 penumpang.

Menyoal harga, Hyundai H-1 model Elegance dilepas Rp 427 juta, XG sebesar Rp 455 juta, dan Royale mencapai Rp 527 juta.

3. Mazda Biante

Menggunakan gaya pintu geser, mobil ini juga dilengkapi kabin yang sangat luas. Bahkan kapasitas Mazda Biante sendiri bisa mencapai 7-8 penumpang.

Soal harga, Mazda Biante ini dijual mencapai Rp 498 juta sampai Rp 572,8 juta on the road Jabodetabek.

 

3 dari 4 halaman

MPV Mewah Terlaris

Toyota Voxy
Toyota Voxy. (Indianautosblog)

Sedangkan menurut data Gaikindo, ada juga segmen Upper MPV yang merupakan mobil MPV dengan tampilan sangat mewah.

Sementara soal wholesales (penjualan pabrik ke diler) selama Januari-Juni 2018 mencapai 6.182 unit. Angka ini lebih rendah dibandingkan Low MPV dan Medium MPV.

Kendati demikian, model mobil di segmen Upper MPV ini tergolong lebih nyaman dan sangat lega, lantaran bodinya yang lebar dan lebih panjang.

Beberapa mobil segmen Upper MPV yang laris antara lain:

1. Toyota Voxy 2.670 unit

2. Toyota Alphard 1.757 unit

3. Toyota Vellfire 507 unit

4. Nissan Serena 429 unit

5. Mazda Biante 336 unit

6. Honda Oddysey 131 unit

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓