Sukses

Mika Lampu Mobil Kerap Berembun, Apa yang Harus Dilakukan?

Mika lampu mobil yang sering berembun dari dalam akan sulit untuk menghilangkannya karena tak bisa dilap dari luar. Apa yang harus dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta - Mika lampu mobil kerap berembun di bagian dalamnya. Hal ini menjadikan lampu mobil tidak terang seperti biasanya. Embun yang di dalam ini, tidak bisa dilap dari luar.

Lalu kenapa bisa ada embun di bagian dalam kaca lampu mobil, dan mungkin juga sepeda motor?

Yang perlu diketahui, lampu pada mobil ataupun motor terdiri dari sejumlah bagian, yaitu kaca, trim atau sil, reflketor atau bagian keperakan yang berfungsi memantulkan cahaya bohlam, dan rumah lampu.

Penyebab utama dari embun dalam lampu mobil adalah tidak rapatnya sil atau mika dalam kaca. Bagian itu termasuki udara dan memerangkapnya sehingga terjadi perbedaan suhu antara dalam lampu dan di luar lampu.

Penyebab tidak rapatnya sil atau mika kaca bisa jadi karena usia dan seringnya mobil diparkir di tempat panas sehingga bagian itu getas dan lekas retak.

Yang perlu dilakukan adalah melepas bagian-bagian lampu tersebut, lantas membersihkan bagian yang berembun tadi.

Selanjutnya, tambalkan semacam isolasi khusus (biasanya dijual di toko onderdil mobil) agar bagian mika dan trim atau sil yang terpasang ke rumah lampu, reflektor, dan kaca lampu menjadi rapat.

Sumber: otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.