Di Negara Ini, Denda Tilang Akibat Berkacamata Hitam Nyaris Rp 50 Juta

Oleh Liputan6.com pada 15 Jul 2018, 17:31 WIB
Diperbarui 17 Jul 2018, 17:13 WIB
[Bintang] Fakta Unik

Liputan6.com, London- Selain menghalau sinar matahari, berkendara sambil mengenakan kacamata hitam bagi sebagian orang dapat meningkatkan penampilan.

Akan tetapi kondisi ini akan berbeda apabila dilakukan di Inggris. Pasalnya pengendara yang mengenakan kacamata hitam berisiko ditilang. Tak tanggung-tanggung, denda yang dikenakan dapat mencapai £2.500 atau Rp 47 jutaan seperti dilansir dari express.co.uk, Kamis (12/07/2018).

Berdasarkan aturan jalan raya di Inggris, pengendara yang pandangannya terganggu oleh sinar matahari diharuskan untuk memperlambat kecepatan, bahkan jika perlu berhenti.

Namun, tak semua pengendara yang mengenakan kacamata hitam akan ditilang, hanya yang mengenakan lensa dengan kategori empat saja berpotensi untuk didenda.

Ya, kacamata hitam memiliki tingkatan kemampuan dalam mereduksi sinar matahari. Adapun kacamata yang dilarang digunakan saat berkendara adalah kategori empat, dimana tipe ini hanya membiarkan 3-8 persen cahaya menembus lensa. Hal tersebut membuat kacamata hitam tersebut sangat tidak sesuai dipakai saat berkendara.

Sedangkan kacamata hitam yang cocok digunakan saat berkendara di siang hari adalah kategori dua. Soalnya spesifikasi kacamata ini mengizinkan cahaya masuk sebanyak 18-43 persen.

 

 Sumber : Otosia.com

2 of 3

Kata Siapa Mobil Sport Hanya Bisa Dinikmati Laki-Laki? Ini Buktinya

Diandra Gautama (Foto: instagram)
Diandra Gautama (Foto: instagram)

Mobil sport memang identik dengan hobi laki-laki. Namun, siapa bilang bersenang-senang dengan mobil bertenaga besar tidak dinikmati juga oleh kaum hawa.

Buktinya ada saat Liputan6.com ikut dalam event Sportscar Together Day dan Porsche Carrera Cup Asia yang melintas 3 negara jiran dengan sportscar Porsche. Salah satu pesertanya adalah wanita.

Perjalanan ini begitu dirasakan oleh pembalap wanita, Diandra Gautama. Dara cantik ini mengaku, mobil memang bukan hanya sekedar alat transportasi, tapi juga sebagai salah satu cara untuk menikmati hidup.

 

 

 

"Mobil itu juga seperti benda hidup, yang memiliki feel yang bisa menyatu jika kita bisa merasakan hal tersebut. Itu juga alasan, kenapa aku suka dengan mobil sport," ujar Diandra.

Lanjutnya, saat berada di balik kemudi mobil kesayangan, khususnya mobil sport, seperti membuat hidupnya lebih seru dan berwarna.

"Mobil sport impian sih banyak, di antaranya Porsche 911 GT3 RS, Nissan Skyline GTR R35, dan Mercedes Benz C63 AMG," tegasnya.

Dunia otomotif, khususnya balap sendiri memang sudah dikenal Diandra sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dara cantik kelahiran 28 Januari 1990 ini, memiliki darah pembalap dari ayahnya, Chandra Gautama, yang juga seorang pembalap nasional.

"Kenapa mau jadi pembalap, ya mungkin dari keluarga ya. Ayah sama nenek juga kan pembalap, jadi sering ikut-ikut latihan dan akhirnya join di tim balap," pungkasnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓