Imbas Libur Lebaran, Avanza Geser Kedudukan Xpander

Oleh Yurike Budiman pada 15 Jul 2018, 13:09 WIB
Diperbarui 15 Jul 2018, 13:09 WIB
Toyota Avanza

Liputan6.com, Jakarta Libur Lebaran pada Juni lalu nyatanya menuai hasil positif bagi penjualan Toyota Avanza. Meski volume produksinya menurun saat cuti bersama, hingga total wholesales-nya juga turun dibanding Mei, namun Avanza tetap unggul ketimbang Xpander.

Seperti diketahui, penjualan Avanza sempat terganggu dengan adanya pesaing baru yakni Mitsubishi Xpander sejak 2017 lalu. Namun, Avanza meraih posisi pertama di segmen low MPV lagi sejak Juni, dimana terjual sebanyak 4.648 unit. Sedangkan Xpander terjual 3.278 unit. 

"Sebetulnya kita terbantu sama Lebaran season saja. Jadi kebetulan produksinya bisa mencapai di angka 4 ribu dan jualan kita bisa mencapai angka itu," kata Gandhi Ahimsaputra selaku Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM) di Bandung, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan capaian itu bisa diraih karena Toyota mempertahankan layanan terpadu dari jaringan seluruh Indonesia sebanyak 320 outlet. "Kita sangat mengandalkan layanan service kita untuk membantu customer (Avanza), ada juga pos-pos jaga saat mudik, jadi cara seperti itu mungkin diapresiasi oleh customer," ujarnya.

Menurut Gandhi, layanan purna jual yang diberikan Toyota setelah Lebaran juga menjadi salah satu faktor yang membuat konsumen percaya. "Setelah Lebaran, pelayanan kita tetap ada, seperti mobile service. Orang telepon kita datang," pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Beginikah Wujud Model Terbaru Mobil Sejuta Umat Avanza-Xenia 2019?

Daihatsu Xenia versi joricer_design
Daihatsu Versi @joricer_design. (picbear.online)

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, sejatinya merupakan dua mobil yang sama, dilahirkan di pabrik Daihatsu Indonesia. Hanya saja, untuk membedakan dua merek, maka si kembar dilakukan beberapa perbedaan kosmetik di bagian luar.

Namun beberapa waktu belakangan ini, desas-desus mencuat bahwa Toyota dan Daihatsu sedang sibuk meracik atau mempersiapkan model terbaru untuk melajutkan kesuksesan duet maut mobil sejuta umat, Avanza-Xenia.

Nah, sebelum resmi meluncur, banyak kabar beredar Avanza-Xenia terbaru bisa dibayangkan dari sosok desain Daihatsu DN Multisix Concept yang sempat ditampilkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu.

Berlatar belakang itu, sebuah situs picbear.online mengunggah gambar yang dibuat oleh @joricer_design, yang menampilkan gambar Avanza-Xenia versi 2019.

Dari gambar yang dibuat @joricer_design, dia juga membedakan beberapa tampilan Avanza dan Xenia. Seperti di bawah ini:

Toyota Avanza Versi @joricer_design. (picbear.online)“Beginilah perkiraan All New Avanza Next Generation bila mengacu pada Daihatsu DN Multisix Concept. . Kalau dari tampilannya, hasil Render buatan saya ini bkn tipe Veloznya karena desain muka depannya belum mengadopsi bahasa desain "Keen Look". . Gimana menurut kalian mengenai Avanza Next Generation hasil render saya ini?” tulisnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait