Sukses

Daftar Merek Mobil yang Penjualannya Mengkhawatirkan di Indonesia

Meski secara keseluruhan data tersebut terlihat naik, selama Januari-Juni 2018, ada juga merek mobil yang penjualannya tergolong lesu.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesale sales (penjualan pabrik ke dealer) Januari-Juni 2018 tercatat 553.757 unit. Angka ini naik dibanding periode sama di 2017 yang hanya terjual 533.506 unit.

Meski secara keseluruhan data tersebut terlihat mengalami kenaikan, selama Januari-Juni 2018 ada juga merek mobil yang penjualannya tergolong lesu.

Salah satu merek mobil yang kondisinya cukup mengkhawatirkan adalah Proton. Pabrikan asal Malaysia ini selama Januari-Juni 2018 baru menjual 13 unit.

Sebenarnya angka tersebut lebih baik dari pencapaian secara total pada tahun lalu yang hanya terjual 12 unit.

Berdasarkan data per bulan Proton juga cukup miris. Lihat saja pada Januari dan Februari tak ada suplai alias nol, kemudian Maret hanya laku enam unit, serta April dan Mei masing-masing satu unit, dan pada Juni terjual lima unit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Nasib yang hampir sama rupanya terjadi juga pada KIA. Merek mobil asal Korea Selatan ini rupanya tengah bernasib kurang baik di Indonesia.

Pasalnya, meski secara global KIA cukup diperhitungkan, di Indonesia merek mobil ini cukup kewalahan untuk berjualan.

Kendati model dan desain KIA cukup menawan, hal itu belum menjadi incaran kosumen di Tanah Air.

Bahkan selama Januari-Juni 2018 hanya terjual 122 unit. Hal ini diperparah pada April-Juni 2018, di mana mereka tak melakukan suplai alias nol.

 

3 dari 4 halaman

Mobil Eropa yang Sepi Penjualan

Tak hanya mereka mobil Malaysia dan Korea Selatan, merek mobil Eropa juga ada juga yang penjualannya unitnya tergolong kecil.

Namun perlu dicatat, merek mobil Eropa ini menyasar kaum berduit yang ingin tampil beda dengan mengendarai tunggangan ekslusif dan tak pasaran.

Karena itu, untuk penjualan, mereka tak butuh volume besar. Sebut saja Peugeot, selama Januari-Juni 2018 merek mobil premium asal Prancis ini menjual 53 unit. Sedangkan periode yang sama di tahun lalu terjual 34 unit.

Selain itu ada juga Audi yang laku 26 unit. Merek mobil buatan Jerman ini juga menyasar segmen premium.

4 dari 4 halaman

4 Terbawah Penjualan Mobil 2018

1. Proton 13 unit

2. Audi 26 unit

3. Peugeot 53 unit

4. Kia 122 unit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini