Sukses

Generasi Terbaru Jimny Gendong Mesin Ertiga, Apa Kelebihannya?

Dua pilihan mesin Suzuki Jimny yang ditawarkan saat peluncuran di Jepang, salah satunya mesin yang sama dengan All new Ertiga.

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki Motor Corp. resmi memperkenalkan Suzuki Jimny generasi terbarunya di Jepang. Sebagai mobil petualang tentunya transmisi dan mesin memiliki peran besar untuk meraih kesuksesan dalam penjualan. Dengan menghadirkan dua pilihan mesin, salah satunya akan menggunakan mesin berkode K15B empat silinder berkapasitas 1,5 liter.

Mesin baru yang juga dipakai pada Suzuki Ertiga 2018 yang dijual Suzuki Indomobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 104 Tk dan torsi 138 Nm.  

Meski kode mesinnya sama, ada sedikit perbedaan antara Jimny dan Ertiga. Kapasitasnya sedikit berbeda tak signifikan, Jimny Sierra 1.460 cc sedang Ertiga 1.462 cc. Pengaturan dan output-nya pun berbeda, Jimny Sierra punya tenaga 100 Tk dan torsi puncak 130 Nm.

Penyalur daya sama-sama menawarkan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Tapi Ertiga langsung ke penggerak roda depan, sedang Jimny ke roda belakang. Tentu Jimny sebagai off-roader punya sistem penggerak empat roda 4WD yang bisa diaktifkan dengan memindah tuas kecil di depan tuas transmisi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pilihan mesin yang ditawarkan Jimny, sudah sesuai segmen dan dimensi yang diusung. Dimensi compact dan bobot yang berada di kisaran 1 ton (1.088 kg) termasuk ideal.

Dengan mesin 658 cc untuk Jimny kei car dan 1,5 liter pada Jimny Sierra, diklaim cukup untuk mengarungi jalan aspal dan beton, bahkan untuk offroad di tanah sekalipun.

Selain reputasinya yang melegenda, Jimny baru juga punya tampilan yang menarik dengan desain boxy retro yang tak lekang dimakan zaman.

Ada profil dari desain G-Class, Hummer dan Jeep Wrangler yang dipancarkan dari SUV mungil ini. Ditambah fitur modern yang dibawa Jimny dan harga jualnya di Jepangtergolong ramah di kantong. Jimny Sierra yang punya mesin sama dengan Ertiga dibanderol di kisaran Rp 229 - 268 juta.

Jimny Sierra ini yang bakal menginvasi pasar global. Termasuk Indonesia? Itu yang jadi harapan penggemar Jimny di sini.

Bahkan tak perlu jadi penggemar untuk bisa tertarik dengan Jimny paling anyar ini. Prediksinya, Suzuki Jimny Sierra bisa dipasarkan di Indonesia 2019 mendatang.

Sumber: oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.