Sukses

Kualitas Diragukan, Suku Cadang KW Toyota Avanza Tetap Diburu

Mobil yang populasinya paling banyak, seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memiliki beragam pilihan suku cadang mulai dari yang orisinil hingga KW.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang populasinya paling banyak, seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memiliki beragam pilihan suku cadang mulai dari yang orisinil hingga KW.

Banyak pemilik mobil menyadari kualitas onderdil KW. Namun tetap saja diburu dan tersedia di berbagai toko spare part. Sementara genuine part mobil harganya cukup mahal lantaran termasuk suku cadang slow moving. Harga part fast moving orisinal juga tidak bisa dibilang murah.

Tidak salah jika di pasar onderdil umum banyak dijual versi KW-nya, baik produk impor hingga KW3. Harganya pun lebih terjangkau ketimbang orisinal.

Suku cadang KW sedikit banyak membantu pemilik kendaraan yang punya kocek terbatas kendati dari segi umur pakai tidaknya seawet orisinal.

Beberapa part KW untuk Avanza terbilang cukup laku adalah fast moving. Namun jika menyangkut part yang vital buat Avanza, konsumen lebih banyak memilih yang asli.

"Harga sudah tentu berbicara, bagaimana bentuk fisik dan kualitas dari komponen. Kalau spare part asli Toyota harga jauh lebih mahal dibandingkan KW. Tapi spare part yang asli punya ketahanan lebih lama, juga keselamatan berkendara lebih terjamin," kata Andre, salah satu pedagang suku cadang Toyota di bilangan Otista, Jakarta Timur.

"Jadi lebih baik mengeluarkan uang yang lebih dibandingkan ketika mengeluarkan biaya yang nantinya tidak sepadan dengan keselamatan yang didapatkan.”

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Walaupun konsumen sekarang sudah pintar-pintar dalam memilih onderdil, tetap saja suku cadang Avanza KW tetap diburu dan tak pernah surut.

Menurut Andre, onderdil KW buat mobil sejuta umat ini tidak semuanya jelek. Bedanya hanya di periode pemakaian. Contoh, kalau part yang orisinal usia pakai bisa mencapai 5 tahun, sedangkan komponen KW umurnya hanya 2-3 tahun. Harga part KW pun tergantung jenisnya.

"Di pasar onderdil, untuk parts KW Avanza paling banyak dicari adalah bumper, spoiler, lampu-lampu, filter udara, filter oli dan kampas rem," pungkasnya.

Reporter : Nazarrudin Ray

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.