Sukses

Lupa Ganti Komponen Ini, Mobil Bisa Bergerak Liar

Komponen kecil juga mesti diperhatikan agar kondisi mobil tetap maksimal. Misalnya seperti urusan karet-karet di bagian kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hal perawatan kendaraan, semua komponen harus diperhatikan. Jangan hanya bagian-bagian besar saja seperti bodi, kabin ataupun sektor jantung mekanis.

Komponen kecil juga mesti diperhatikan agar kondisi mobil tetap maksimal. Misalnya seperti urusan karet-karet di bagian kaki.

Karet ini tidak lain adalah bushing yang menjadi perantara bagian-bagian yang menghubungkan kaki dengan bodi.

Indikasi bahwa sebuah bushing sudah aus pun diterangkan oleh Suroto, teknisi Jakarta Ban.

"Bushing, karetnya sudah kering akhirnya tidak maksimal. Besi ketemu besi akhirnya bunyi. Ini termasuk bushing arm, tie rod," kata dia.

Besi ketemu besi yang dimaksudkannya adalah momen ketika bushing tidak lagi secara maksimal bisa menjadi perantaranya. Bushing itu sendiri bukan sekadar berbahan karet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dengan fungsi menopang tadi, maka seharusnya keberadaan bushing membuat peran bagian-bagian tadi bekerja sebagaimana mestinya. Artinya, habisnya peran bushing maka akan berpengaruh pada kestabilan.

"Bushing, gundukan yang bahannya keras. Kalau sudah goyang, tingkat kestabilan tidak dapat. Bisa liar, goyang, bisa lari-lari mobilnya."

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.